Oleh-oleh Khas Siantar, Roti Ketawa Rasanya Bikin Ketagihan

JABARNEWS | PEMATANGSIANTAR – Berbicara soal kuliner (makanan) tentunya setiap daerah memiliki khas makan tersendiri yang dapat membuat anda ngiler.

Kota Pematangsiantar yang merupakan kota nomor dua jika dilihat dari besarnya diwilayah Sumatra Utara. Kota Siantar juga tidak pernah kalah saing dengan daerah-daerah lain.

Dikota Siantar juga memiliki khas makan yang bikin anda ketagihan karena rasanya yang gurih dan tidak ada duanya. Salah satunya yaitu Roti Ketawa.

Roti ini dinamakan oleh warga Roti Ketawa karena bentuknya yang pecah yang menyerupai bagaikan orang ketawa dan dibagian luarnya di taburkan wijen.

Menurut cerita masyarakat, Roti Ketawa sudah disajikan di Kota Siantar sejak tahun 80-an. Hal itu dikatakan oleh Mbah Wiwin salah seorang pedagang barang kelontong yang juga menjual roti Ketawa di samping dagangan nya.

Baca Juga:  Ditjen PPKTrans Bahas Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pertanian di Kapuas

Jadi untuk anda yang berkunjung ke Kota Pematangsiantar Sumatera Utara, tidak ada salahnya anda harus mencoba makanan yang satu ini.

Dikota Siantar, anda dapat menjumpai roti Ketawa seperti di warung-warung kecil, dan ada Juga di Toko nya, Salah Satunya di Jalan Farel Pasaribu Kelurahan Suka Dame Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematang.

Pada umumnya, roti Ketawa dijadikan oleh-oleh dan juga bekal makanan disaat berpergian jauh. Dimana makanan yang satu ini sangat cocok jika berpergian jauh, karena ketahanan nya yang cukup terjamin dan tidak mudah rusak.

Rosni salah seorang pengusaha Roti Ketawa saat di Jumpai JabarNews Rabu (2/12/2020) sekira pukul 09.30 tepatnya di toko miliknya yang beralamat di Jalan Farel Pasaribu No. 10 Kelurahan Suka Dame Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar.

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Selatan Jawa, BMKG Memastikan Tidak Berpotensi Tsunami

Rosni menuturkan dirinya telah membuka usaha Roti Ketawa kurang lebih 14 tahun lamanya, bahkan ia telah membuka beberapa cabang dikota Pematangsiantar yakni,

“Satu unit di Pasar Horas Jaya Lantai 1 Gedung II , Jalan Medan Km 10 Beringin (Samping RM Embun Pagi), dan Jalan Rakyat No. 29 Kota Medan tepatnya di Simpang Perjuangan,” kata Rosni.

Dijelaskan Rosni, roti ketawa miliknya memiliki harga yang cukup terjangkau dan berfareasi, mulai dari Rp 10 ribu rupiah hingga Rp 25 ribu rupiah.

Baca Juga:  Arus Balik Mudik di Garut: Pemudik Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan, Polisi Beberkan Hal Ini

Roti Ketawa juga di desain dalam dua bentuk dalam bentuk kecil dangan ukuran sebesar telor Puyuh, bentuk yang satunya lagi seperti bentuk roti Ketawa pada umumnya.

Rosmi menambah, Roti Ketawa dalam bentuk ukuran kecil dinilai lebih gurih dari bentuk besar, meskipun demikian dua-duanya memiliki rasa yang cukup paten.

Perlu diketahui bahwa Roti Ketawa juga bisa bertahan lama mulai dari tiga Minggu hingga satu bulan lamanya. Jadi untuk anda yang berpergian jauh tidak perlu khawatir lagi.

Roti Ketawa ini juga bisa dipesan secara online. Bagi yang berminat bisa dikirim diluar daerah dan dapat dipesan di Nomor dibawah ini No Hp 0852 6168 4628 R.

Penulis: Matius Gea