Diperingati Tiap 3 Desember, Ini Sejarah Singkat Hari Disabilitas Internasional

JABARNEWS | BANDUNG – Tahun 2020 ini, tema peringatan Hari Disabilitas Internasional adalah Not All Disabilities Are Visible atau Tidak Semua Disabilitas Terlihat.

Seperti diketahui, setiap tanggal 3 Desember, kerap menjadi hari Disabilitas Internasional, atau International Day of Person with Disability.

Peringatan yang sudah ada sejak tahun 1992 ini, Hari Disabilitas ini diperingati untuk memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang dan pembangunan.

Baca Juga:  Bikers Brotherhood 1% MC Berduka, Salah Satu Vigilante Terbaik Tutup Usia

Dihimpun dari berbagai sumber, pada perkembangannya pada 13 Desember 2006, PBB menggelar Konvensi Hak- hak Penyandang Disabilitas atau Convention on the Rights of Persons with Disabilities.



Hasil Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas ini sendiri berisi tentang undang-undang yang memastikan semua penyandang disabilitas dapat menikmati semua hak dasar manusia dan kebebasan yang fundamental.

Baca Juga:  Cikao Park Diduga Alihkan Alur Sungai secara Ilegal, Terancam Pidana dan Denda Miliaran Rupiah

Hari ini juga dibuat untuk meningkatkan kesadaran terhadap situasi para difabel di setiap aspek kehidupan, baik politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Maka dari itu, Hari Disabilitas Internasional ini menjadi penting maknanya, khususnya untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai pemahaman dan penerimaan terhadap penyandang disabilitas.

Berdasarkan data pihak International Labor Organization (ILO), pada tahun 2010 terdapat 11.580.117 penyandang disabilitas di Indonesia. Dari data tersebut, hanya 10-25% penyandang disabilitas yang memiliki pekerjaan dan dapat membiayai hidupnya secara mandiri.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Senin 20 Juni 2022

Sementara itu, Pemerintah Indonesia telah meratifikasi hak-hak disabilitas melalui UU Nomor 19 Tahun 2011 dengan mengakui hak penyandang disabilitas untuk bekerja atas dasar “Kesetaraan” dengan yang lainnya.

Penulis : Ikbal Safana