Hari Disabilitas Internasional, Begini Harapan PPDI Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Setiap tanggal 3 Desember, dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional. Peringatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada para difabel untuk mendapatkan kesempatan yang setara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Cabang Purwakarta, Agus Kusnadi mengatakan, ada banyak ragam disabilitas yang tidak semua disadari oleh masyarakat.

Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19, sambung dia, mungkin disabilitas rungu wicara tidak bisa langsung bisa diketahui bahwa ia adalah penyandang disabilitas.

“Tentu dalam kondisi tertentu yang mungkin karena ketidaktahuan tersebut, kemudian terjadi perlakuan yang bernuansa diskriminatif dari lingkungan. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk memastikan bahwa negara memberikan perhatian setara untuk semua ragam disabilitas,” ucap Agus, Pada Kamis (3/12/2020).

Baca Juga:  DPRD Kota Bogor Terima Rapeda APBD 2021 Setelah Sebulan Menunggu

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/jcEvozXOshQ” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Menurutnya, HDI digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap ragam persoalan penyandang disabilitas dan sebagai bagian memperjuangkan tuntutan perlindungan dan pemenuhan hak sahabat disabilitas.

“Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat,” ucap Agus.

Dirinya berharap, semoga dengan semangat HDI tahun 2020 bisa menjadikan kehidupan yang lebih baik bagi Disabilitas dan perhatian pemerintah daerah semakin nyata tidak hanya retorika belaka sehingga untuk menjadikan Purwakarta menuju kota ramah bagi Disabilitas semakin nyata.

Baca Juga:  Gelar Aksi Damai, Alumni Unpad Dukung Pemberhentian Wadek FPIK

“Oleh karenanya, kami melakukan berbagai upaya dilakukan untuk menciptakan dan menjamin kesetaraan dalam hal kesempatan dan hak-hak bagi para penyandang disabilitas. Selamat Hari Disabilitas Internasional tahun 2020,” ucap Agus.

Diketahui, perwujudan kota ramah bagi penyandang disabilitas dilakukan dengan cara membuat fasilitas umum kota ramah penyandang disabilitas seperti trotoar jalan, jembatan penyeberangan orang (JPO), mengadakan seminar atau sharing tentang pengetahuan antisipasi bencana, bus kota orang untuk berkursi roda, bangunan lebih dari satu lantai harus disediakan lift atau eskalator, serta program rehabilitas sosial dan kesehatan.

Baca Juga:  Gerombolan Motor Bar-bar di Tasikmalaya Kembali Berulah, Seorang Pemuda Dihantam Pake Tongkat Bisbol

Dengan membangun fasilitas yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas di seluruh Indonesia, dapat menciptakan sebuah kota yang nyaman dan ramah bagi seluruh warga. Serta terwujudnya kota ramah disabilitas.

Untuk diketahui, Tahun 2020 ini, tema peringatan Hari Disabilitas Internasional adalah Not All Disabilities Are Visible atau Tidak Semua Disabilitas Terlihat. Setiap tanggal 3 Desember, kerap menjadi hari Disabilitas Internasional, atau International Day of Person with Disability.

Peringatan yang sudah ada sejak tahun 1992 ini, Hari Disabilitas ini diperingati untuk memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang dan pembangunan.

Penulis: Gigin Ginanjar