Wagub Uu Minta Kiyai dan Ulama Manfaatkan Dakwah Digital

JABARNEWS | SUMEDANG – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menilai dakwah digital sangat diperlukan untuk ulama dalam menyebarkan syiar Islam.

Menurutnya, dakwah digital merupakan perkembangan zaman di dunia globalisasi khususnya 4.0 yaitu meliputi media sosial (medsos) dan gadget.

“Jangan sampai dunia seperti itu kita tidak ikuti. Manfaatnya pakai Medsos bisa satu orang yang mendengarkan secara langsung, tetapi bisa dishare ke jutaan orang,” kata Uu seusai membuka Workshop Dakwah Digital untuk Ulama Jawa Barat di Hotel Puri Khatulistiwa Jl Raya Jatinangor Sumedang, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga:  Herman Suyatman: 391.575 Wisatawan Berlibur di Jabar Selama Libur Lebaran

Dia menjelaskan, bukan hanya jual beli yang harus online. Tetapi, lanjut Uu, sekarang cara belajar menyampaikan agama pun melalui digital.

Baca Juga:  "Pemilu" Rusuh, Polres Cirebon Kota Terjunkan 1.000 Personel Gabungan

“Ini adalah salah satu inisiatif Pempov dalam rangka untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat Jabar,” jelasnya.

Uu berharap, dakwah digital ini bisa memberikan pemahaman yang sebenar-benarnya tentang agama. Pasalnya, sambung Uu, dirinya sering melihat di YouTube ada konten-konten yang seolah-olah isinya agama tetapi ngadu domba.

Baca Juga:  Bank Bjb Pastikan Terus Dukung Pemodalan dan Pemberdayaan Program Petani Milenial

Oleh karena itu, Uu mengungkapkan, lewat workshop ini diharapkan para kiyai, ulama, dan da’i dapat menjalankan dakwah digital

“Makanya para kiyai di didik dan di tatar diberikan pendidikan harus disebarkan ke ilmunya kepada ustad yang lain, minimal semua ajengan di Jabar bisa dakwah lewat digital,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha