Wagub Uu Jadi Inspektur Upacara Hari Bakti PU, Sampaikan Pesan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menjadi Inspektur Upacara Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-75 Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2020 di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (3/12/2020).

Dalam amanatnya, Uu mengatakan, Hari Bakti PU ke-75 menjadi momentum untuk mengapresiasi insan PU yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, mengabdi kepada bangsa, dan berkontribusi besar memajukan Indonesia dengan pembangunan infrastruktur.

“Selanjutnya (momen Hari Bakti PU) untuk mengoreksi mana yang baik dilanjut yang kurang baik disudahi. Dengan prinsip, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin,” kata Uu.

Menurutnya, Hari Bakti PU dapat memacu semua pihak untuk terus membangun infrastruktur di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Klaim Penanganan Banjir di Sungai Citarum Sudah Baik, Benarkah?

Uu pun mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) dan semua pihak yang turut membangun Jabar. Mulai dari jalan, baik tol maupun nontol, sistem irigasi, bandara, sampai pelabuhan.

Selain itu, mantan Bupati Tasikmalaya ini juga meminta Kementerian PUPR untuk ikut terlibat menghadirkan jalan tol di jalur selatan Jabar. Jalan tol tersebut nantinya dapat menghubungkan Jabar dengan Jawa Tengah (Jateng).

“Kami kepada Kementerian PUPR, Jalan Tol Cigatas, yaitu antara Bandung dan Tasikmalaya yang selanjutnya ke Cilapap, terealisasi,” ucapnya.

Baca Juga:  Antusiasnya Ribuan Warga Malangbong Garut Nobar Film Si Doel Anak Sekolahan

Uu berharap, Kementerian PUPR untuk turut membangun infrastruktur yang dapat mencegah banjir, seperti embung dan bendungan. Selain itu, ia berharap Kementerian PUPR membangun sistem irigasi pertanian di Jabar.

“Saya harap hal ini juga disampaikan kepada Bapak Menteri PUPR RI, semoga bisa jadi skala prioritas,” katanya.

“Harapan kami tahun depan ada dua tiga embung dibuat, insyaallah kesejahteraan masyarakat meningkat,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol Cigatas.

“Percepatan-percepatan sudah dimulai sehingga nanti tol itu bukannya di utara saja, tapi ada juga di wilayah selatan, yang nanti akan menyambungkan seperti yang disampaikan Pak Wagub tadi, dari Bandung ke Cilacap, sampai Yogyakarta,” kata Sugiyartanto.

Baca Juga:  Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2020 Terkontraksi, BPS Jabar: Masih Ada Tren Positif

Selain itu, Sugiyartanto menuturkan bahwa peta pembangunan Provinsi Jabar sudah terakomodasi dalam rencana pembangunan infrastruktur wilayah sebagai dasar dari rencana masterplan pembangunan.

Sugiyartanto juga meminta dukungan masyarakat Jabar agar pembangunan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung dengan Bandara Internasional Jabar (BIJB) Kertajati dan Pelabuhan Patimban dapat dipercepat.

“Bagian dari rencana 2020 sampai dengan 2024 kita sudah memetakan itu semua bahkan sampai dengan rencana Vision 2030 Kementerian PUPR,” tuturnya. (Rilis)