Banjir Landa Medan, Deli Serdang dan Binjai, Debit Air Capai 3 Meter

JABARNEWS | MEDAN – Hujan terjadi, Kamis (3/12/2020) malam menyebabkan jumlah daerah di Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang dilanda banjir. Debit air di beberapa titik mencapai ketinggian sampai 3 meter.

Sekretaris BPBD Kota Medan, Nurly menjelaskan, genangan air terparah terjadi di sekitar kompleks perumahan De Flamboyan, Jalan Flamboyan Raya, Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, dan Kompleks Griya Nusa III, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan. Dilokasi tersebut, ketinggian air bahkan mencapai 3 meter.

Baca Juga:  Merdeka Belajar, Para Siswa di Ujung Barat Purwakarta Diajarkan Soal Ini

“Banjir terjadi sekitar pukul 00.02 WIB, banyak kenderaan yang hanyut terbawa air,” katanya, Jumat (4/12/2020).

Ia menjelaskan, kawasan yang dilanda banjir berada di sekitar aliran sungai, seperti Sungai Deli, Sungai Babura, dan Sungai Belawan, serta Sungai Bingai. Selain itu air kiriman dari hulu tidak mampu tertampung sehingga meluap ke permukiman warga.

Baca Juga:  Jangan Anggap Sepele, Ini Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

“BPBD masih mendata berapa jumlah total jiwa yang terdampak banjir,” ucap Nurly.

Warga berdomisili di sekitar Jalan Eka Murni, Lingkungan 5, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, yang berada di tepi Sungai Deli terpaksa mengungsi. Disebabkan ketinggian air mencapai 2 meter.

“Ada beberapa orang yang terjebak di rumah,” kata Rasyid, warga sekitar.

Baca Juga:  Duh, Sudah 20 Tahun Pasangan Lansia di KBB Tempati Gubuk Reyot

Menurutnya, warga yang berdomisili di dalam gang sempat kesulitan di evakuasi disebabkan arus air cukup deras..Warga akhirnya dapat dievakuasi setelah Basarnas tiba dilokasi dengan menggunakan perahu karet.

“Banyak warga terjebak banjir, terutama rumahnya tinggal dalam gang, mereka akhirnya dapat di evakuasi setelah Basarnas tiba dengan perahu karet,” ungkapnya.

Penulis: Ahmad Putra