Ada Bakso Kelapa Muda di Purwakarta, Ini Lokasinya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bagi masyarakat Indonesia bakso merupakan salah satu makanan favorit. Saat ini terdapat berbagai jenis penyajian ataupun bentuk bakso, mulai dari yang biasa sampai dengan yang unik.

Di Kabupaten Purwakarta, terdapat kedai bakso yang menyajikan bakso dengan menggunakan buah kelapa muda sebagai wadahnya. Tak hanya sebagai wadah, daging dan juga air kelapa muda juga ikut disajikan bersama dengan bakso. 

Makanan unik ini dijual di Majelis Badami (Bakso Air Kelapa dan Mie) yang terletak di Kampung Pasar Minggu, Desa/Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Persisnya di jalan menuju desa benteng.

Pemilik kedai Bakso Air Kelapa adalah Chandra Farhan (26) dan Teguh Setiyadi (48) yang merupakan warga Purwakarta.

Menurut, Chandra Farhan, awalnya tercetus sebuah ide, untuk menyajikan bakso buatannya ke dalam wadah kelapa muda dan berkuah air kelapa itu ingin makan ini menjadi ikon kuliner di Purwakarta selain sate maranggi.

Baca Juga:  Mayat Perempuan Tanpa Identitas Ditemukan di Cikancung

“Awalnya kami ingin membuat kuliner yang tidak biasa dan ingin jadi ikon kuliner Purwakarta. Yang nantinya orang ke Purwakrta itu selain mencari sate maranggi tapiereka jajuga cari bakso Air Kelapa Muda ini,” ucap Chandra, pada Jumat (4/12/2020).

Sensasi segar buah kelapa muda bercampur dengan gurihnya kuah bakso, menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Selain itu, para konsumen juga bisa menikmati segarnya daging kelapa muda dengan bakso dalam satu suapan. 

Dijelaskannya, Proses pembuatan bakso air kelapa muda ini hampir mirip dengan kuliner bakso pada umumnya. Hanya saja, wadahnya diganti dengan buah kelapa muda dan kuah bakso pun dari air kelapa muda tersebut, serta ditambah bumbu khusus sehingga membuat rasa bakso air kelapa muda ini sangat pas dengan lidah masyarakat.

Chandra menjelaskan, sesuai namanya, bakso air kelapa muda dikombinasikan dengan dua bahan yang berbeda. Pertama bakso yang terbuat daging sapi, dan kelapa muda yang segar serta manis.

Baca Juga:  Warga Kota Cirebon Kirim Doa Untuk Putera Sulung Ridwan Kamil

“Dengan dua kombinasi itu memberikan rasa yang berbeda dan menarik bagi yang memakannya,” sebut Chandra.

Jika berbicara soal rasa perpaduan keduanya, Chandra menggambarkan bahwa ada sensasi tersendiri dari bakso yang pedas dicampur dengan kelapa muda yang gurih dan menyegarkan.

“Bakso bikin sendiri dari daging segar dan ditambah bumbu racikan sendiri serta untuk mie juga kita bikin sendiri dari bahan alami. Kita coba menyuguhkan makanan yang mudah-mudahan sehat karena terbuat dari bahan alami,” ucapnya.

Dalam sehari, kedai bakso tersebut hanya menyediakan 30-50 porsi bakso air kelapa muda ini.

“Tentu saya bersyukur atas begitu baik respon pengunjung. Lidah mereka cocok dengan rasa bakso ini, padahal kami belum genap membuka majelis badami ini,” imbuh Chandra

Baca Juga:  Duh! Data Ganda Bacaleg Masih Ditemukan di Kota Bajar

Nah, penasaran makan bakso langsung di kelapa. Silakan singgah dan coba rasakan sensasinya warung bakso badami ini buka sejak pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Untuk satu porsi bakso air kelapa ini dijual dengan harga Rp.20.000 rupiah.

“Kita buka setiap hari, tapi untuk hari Jumat kita libur. Buat yang mau coba bakso air kelapa muda kita cuma sediakan 50 porsi seharinya dan biasanya sudah habis pada pukul 16.00 WIB, jadi disarnakan datang sebelum jam tersebut,” ucap Chandra.

Selain bakso air kelapa muda, di tempat tersebut juga ada bakso original, bakso polos, bakso tulang, bakso air kelapa muda mie hijau, mie ayam hijau original, mie ayam bakso hijau dan banyak lagi.

Penulis: Gigin Ginanjar