Gus Menteri Beri Strategi Untuk Majukan Budaya di Desa Agar Naik Kelas

Untuk pembangunan apapun di desa harus bertumpu pada akar budaya masyarakat setempat.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasnmigrasi, Abdul Halim, (Foto: Kemendes PDTT)

Ia mencontohkan, Budaya Gotong Royong yang dinilai mulai tergerus, namun budaya ini akan kembali bangkit dan subur jika semua proses pembangunan di desa berbasis budaya. Termasuk soal ide untuk membangkitkan kembali kebiasaan lama atau adat yang dinilai bagus.

Seperti penyelesaian permasalah sosial disarankan tidak langsung ke ranah hukum tapi lebih pada pendekatan budaya yang ada di desa.

Baca Juga:

Disambangi Anggota DPR RI, Kang Jimat Bahas Pembangunan di Kabupaten Subang

Jelang Piala Menpora 2021, Dispora Kota Bandung Fokus Rawat Rumput Stadion GBLA



"Bahkan permasalahan hukum yang sumir di desa tidak pernah dilakukan pendekatan hukum tapi pendekatan budaya dan diselesaikan oleh Mbah Lurah karena punyai kharisma," kata Mantan Ketua DPRD Jombang ini.

Inilah, kata Gus Menteri, kita bangun desa dengan SDGs Desa dengan basis utama 17 Goals seperti Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sejahtera dan Desa Peduli Pendidikan. Tapi semuanya, berpijak pada tujuan ke-18 yaitu Kelembagaan Desa dan Budaya Desa yang Adaptif.

Adapun 18 Goals dalam SDGs Desa yaitu:
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kemendes PDTT Akar Budaya Desa Kebijakan Membangun Desa Gus Menteri Abdul Halim Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita lokal Berita Hiperlokal

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi