Gus Menteri: Tiga Langkah Dilakukan Kemendes PDTT Untuk Desa Berbudaya

Gus Menteri mengajak agar masyarakat untuk tidak ragu untuk improvisasi budaya dalam pembangunan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim atau akrab disapa Gus Menteri, (Foto: Kemendes PDTT)

JABARNEWS | JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim diundang menjadi narasumber program Temu Kenali Budaya Desaku yang tayang di salah satu TV Swasta besar di Jakarta secara virtual pada Jumat (4/12/2020).

Gus Menteri, sapaan akrabnya, memberi tanggapan soal desa maju tapi tidak meninggalkan akar budaya. Dijabarkannya, ada tiga hal yang dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk pertahankan akar budaya masyarakat desa termasuk dalam perencanaan pembangunan.

Baca Juga:

Ucapkan Selamat Harlah NU, Jokowi Minta Ulama Ikut Sukseskan Vaksinasi Massal

200 Pedagang Pasar Sederhana Di Bandung Disuntik Vaksin, Ini Kata Dinkes



"Pertama, mendata seluruh kearifan lokal suku bangsa yang ada di desa dan lembaga-lembaga adat yang hidup di 74.953 desa," kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Hal ini, kata Gus Menteri, terus digali sehingga nantinya Kemendes PDTT bakal miliki data base terkait kondisi budaya di seluruh desa di Indonesia karena setiap desa pasti miliki ciri khas sendiri.

Langkah kedua, mendalami kearifan lokal Lembaga Adat dan Budaya Suku Bangsa yang ada di desa, terutama perannya ketika adaptasi warga desa menghadapi perubahan. Hal ini dilakukan agar nantinya warga desa siap adaptasi terhadap perubahan.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kemendes PDTT Gus Menteri SGDs Desa Desa Berbudaya Desa Budaya Jabarnews Berita Jawa Barat

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Berikut Beberapa Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi