Simak, Ini 12 Cara Agar Tidak Mudah Emosi

JABARNEWS | BANDUNG– Setiap orang pasti pernah merasa emosi atau marah. Hal ini normal, terlebih ketika dihadapkan dengan persoalan hidup. Akan tetapi bagaimana sikap Anda dalam menanggapi kemarahan itulah yang berbeda.

Anda bisa saja memilih untuk tetap marah, namun Anda juga bisa mengendalikannya jika berusaha. Semua pilihan ada di tangan Anda. Memilih untuk tetap marah tak terkendali sesungguhnya akan merugikan diri Anda sendiri, termasuk kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara-cara mengendalikan emosi atau kemarahan.

Emosi yang berlebih dapat diarahkan menjadi hal yang lebih produktif sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai positif. Karena itu, penting untuk menjaga emosi Anda tetap terkendali. Dari laman Klikdokter, berikut beberapa cara mengendalikan emosi diri yang mungkin Anda butuhkan:

1. Buang Berpikir Buruk – Saat kamu sedang dilanda masalah yang rumit, otak akan cenderung lebih fokus memikirkan jalan keluar terbaiknya. Berusaha untuk berhenti memikirkannya agar tidak memunculkan reaksi negatif. Memang sulit untuk tidak memikirkannya, tetapi dengan mencoba untuk melupakannya sesaat dapat membuat kamu lebih rileks.

2. Tarik Napas yang Dalam dan Lambat – Ketika Anda marah, napas Anda akan lebih pendek-pendek dan cepat. Tarik napaslah yang dalam dan lambat dari hidung dan keluarkan dari mulut untuk beberapa saat. Dengan menarik napas dalam dan lambat, diharapkan kemarahan Anda dapat mereda.

Baca Juga:  ‎Ribuan Penelpon Iseng Masuk ke Layanan MQR

3. Berolahraga – Olahraga untuk Mengendalikan Emosi. Mengendalikan emosi juga dapat dibantu dengan berolahraga seperti berjalan kaki, mengendarai sepeda, atau berlari. Lakukanlah hal yang dapat mengalihkan pikiran dan membuat tubuh Anda menjadi lebih baik.

4. Mencoba untuk Mengalah – Cara mengendalikan emosi terhadap pasangan dapat dengan cara mengalah. Emosi yang terjadi dapat disebabkan karena karena ego dari kedua belah pihak. Sebagai seorang lelaki, kamu juga bisa mengendalikan emosi wanita dengan mencoba untuk lebih mengalah. Mengalah dapat membuat kamu mencari jalan keluar permasalahan yang sedang terjadi.

5. Ceritakan Masalah Pada Orang Terpercaya – Cara untuk menahan emosi juga dapat kamu lakukan dengan menceritakan masalah pada orang terdekatmu. Meski tidak mendapatkan solusinya, setidaknya beban yang ditanggung akan terasa lebih ringan. Bahkan jika diperlukan, kamu juga bisa menggunakan jasa psikiater untuk membantu memberikan solusi atau pun terapi dari sisi yang lebih profesional.

6. Dengarkan Musik – Mendengarkan musik dapat menjadi salah satu cara mengendalikan emosi. Dengarkan musik yang membuat Anda tenang. Gunakan earphone atau pergi ke suatu tempat yang tenang, putarkan lagu kesukaan Anda, dan dengarkan. Biarkan musik membawa pergi emosi Anda dan membuat Anda menjadi lebih tenang.

Baca Juga:  Akses Jalan di Ciramagirang Cikalongkulon Cianjur Rusak, Begini Harapan Warga

7. Coba Sesuatu yang Berbeda – Alihkan emosi berlebih Anda ke hal-hal baru yang positif. Jika Anda belum pernah berkemah, misalnya, mungkin inilah saat yang tepat untuk tidur di bawah bintang dan ‘berkomunikasi’ dengan alam. Segera putuskan petualangan apa yang ingin Anda ambil.

8. Jangan Bicara – Kadang, tidak bicara dapat menjadi cara mengontrol emosi yang efektif. Bila Anda ingin marah, tahanlah dan berhenti berbicara. Tutup mulut Anda dan jangan biarkan satu buah kata keluar dari mulut Anda. Waktu Anda diam ini akan membuat Anda berpikir kembali untuk marah dan membantu meredakan amarah.

9. Tenangkan Diri – Berilah diri Anda waktu untuk menyendiri menjauhi orang lain dan pergi ke suatu tempat. Dengan menyendiri, Anda dapat memikirkan segala sesuatunya dengan lebih jernih. Jadi duduklah dan tarik napas sejenak, lalu cari solusi untuk menyelesaikan masalah yang membuat Anda marah tersebut.

10. Berhenti Sejenak dari Aktivitas – Saat Anda marah, cobalah berhenti sejenak dan pikirkan apa yang Anda ingin lakukan dan katakan. Dengan berhenti sejenak dan berpikir, Anda dapat memikirkan kemungkinan tanggapan dari perkataan atau perbuatan yang akan Anda lakukan.

Baca Juga:  BPBD Catat Ratusan Warga Ngungsi Akibat Banjir Bandang di Ciranjang Cianjur

Apakah perbuatan dan perkataan itu dapat melukai orang lain atau memperbaiki keadaan? Bila ya, pikirkan untuk membatalkannya dan janganlah dilakukan.

11. Introspeksi Diri – Setiap permasalahan haruslah melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk meninjau kembali permasalahan yang telah kamu alami. Jangan takut untuk mengakui kesalahan jika memang kamu menyadari kesalahan tersebut terjadi karenamu.

12. Konseling – Terkadang, Anda memerlukan perspektif orang lain sebelum mengambil suatu tindakan atau untuk lebih memahami diri sendiri. Anda dapat melakukan konseling dengan terapis, psikolog, atau psikiater agar kemarahan Anda yang berlebih bisa teratasi.

Demikianlah beberapa cara mengendalikan emosi yang dapat dilakukan untuk mengatasi emosi atau kemarahan. Kini Anda dapat belajar untuk mengendalikan emosi dengan menerapkan langkah-langkah di atas.

Cobalah untuk duduk sejenak dan tarik napas sebelum Anda marah. Pikirkan kemungkinan dari konsekuensi yang dapat terjadi jika Anda marah. Bila dapat memperburuk keadaan, jangan lakukan hal tersebut dan bicarakan baik-baik kepada orang tersebut.

Penulis: Dewi Gayatri