Pemuda Purwakarta Ini Buka Salon Khusus Ikan Cupang

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ikan cupang hias menjadi salah satu hobi baru yang digandrungi masyarakat, di masa pandemi ini. Ikan dengan nama latin Betta sp ini dikenal punya corak warna yang unik dan menawan.

Bahkan saat ini harga ikan berukuran mungil tersebut bisa menyentuh angka jutaan rupiah per ekornya. Apalagi ikan cupang yang berhasil meraih juara di kontes-kontes yang kini ramai digelar, harganya bisa melambung tinggi.

Agar selalu tampil cantik dan memesona, para pencinta ikan cupang biasanya membawa ikannya ke salon.

Melihat peluang tersebut, seorang warga kampung karang sari RT.06/02 Desa Citalang, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Dicky Muwardi (31) membuka jasa rias ikan cupang.

Lewat jasanya Dicky menjamin ekor ikan cupang akan semakin kece dan indah.

Baca Juga:  Pedagang dan Satpol PP Cianjur Terlibat Bentrok, Diduga ini Penyebabnya

“Salon ikan cupang ini berawal dari seorang teman yang berniat untuk memperindah dan merapikan penampilan ikan cupang peliharaannya,” ucap Dicky, saat ditemui di Gudang Cupang, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, pada Sabtu (5/12/2020).

Ia mengawali bisnisnya dengan alat sederhana. Usahanya ini mendapat respon positif dari sesama pehobi ikan cupang.

Dicky menjelaskan jika dirinya lebih dulu membius ikan cupang dengan es batu sebelum meriasnya.

“Kita pakai bius, bisa pakai bius arwana, kalau ngga pakai batu es juga bisa, tapi kalo saya di sini kebetulan pakai batu es,” ucapnya.

Dicky biasanya diminta untuk merapikan dan menyulam sirip ikan cupang agar lebih rapi. Tujuannya agar harga jual ikan cupang tersebut bisa meningkat.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ungguli Dubes Denmark Dalam Persahabatan Bulu Tangkis

“Biasanya sih kita akan dirapihin, dipotong dengan merapikan bentuk ekor, dorsal, ekor bagian atas, ekor bagian bawah dan bagian dasi, ya dengan menggunakan silet,” ucapnya.

Untuk mendapatkan jasanya ini, Dicky mematok tarif Rp25.000 hingga Rp30.000 tergantung dari tingkat kerumitan yang diminta pelanggan.

Dalam sehari, ia mampu menghias hingga puluhan ikan cupang. Jumlah konsumennya akan meningkat saat ada kontes cupang yang digelar.

“Untuk ikan yang dirias, harganya dimulai dari Rp25 ribu hingga Rp30 ribu, sehari kadang bisa sampai 30 ekor ikan yang didandani,” jelasnya.

Ia mengaku, kalau salon ikan cupang ini merupakan usaha sampingan, pasalnya dirinya bekerja sebagi karyawan di sebuah perusahaan di Purwakarta.

Baca Juga:  Herdiat Sunarya Ingatkan Seluruh Kades di Ciamis Tidak Terlibat Hukum

“Paling kalau ada yang mau nyalon, saya hanya bisa hari sabtu dan minggu saja, kalau tidak selepas saya kerja,” ungkap Dicky.

Dicky mulai dikenal para pecinta ikan cupang di Purwakarta karena mampu mempercantik sirip ikan tersebut. Hal itu tak lepas dari pengalamannya yang sudah lama menggeluti ikan cupang.

Ia mengatakan, ikan cupang juga perlu di-treatment agar penampilannya makin cantik.

“Kalau mau kontes, ikan cupang harus dihias agar bisa berstandar nasional Indonesia (SNI). Jika mau nyalon cupang bisa hubungi dulu saya, baik melalui WhatsApp ataupun SMS di nomor handphone 0896-5875-9270,” ucap Dicky.

Penulis : Gigin Ginanjar