Cek Sekarang! Antisipasi Ujaran Kebencian, Youtube Adakan Fitur Baru Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Sebuah platform video bernama Youtube terus melakukan inovasi-inovasi baru untuk menyamankan penggunanya.

Yang terbaru, Youtube dikabarkan fitur baru yang akan berguna untuk membatasi adanya konten yang berisi tentang ujaran kebencian.

Wakil Direktur Manajemen Produk di YouTube, Johanna Wright mengatakan, fitur tersebut akan menjaring komentar dengan memberikan notifikasi sebelum pengguna mengunggah tulisan tersebut, jika komentar yang diberikan mengandung kata-kata yang tidak sopan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Genggam Erat Atalia Praratya saat Jenazah Eril Tiba di Bandara Soekarno Hatta

“Kami selama ini fokus memperbaiki (fitur) komentar dengan tujuan membuat percakapan lebih sehat di YouTube,” katanya seperti tertulis dalam blog resmi YouTube, Sabtu (5/12/2020).

Baca Juga:  150 Polisi Amankan The 1st Internasional Jatiluhur Jazz Festival 2019

Cara ini, menurut YouTube, akan membuat pengguna berpikir ulang sebelum memberikan komentar yang kasar.

YouTube juga akan menguji coba fitur penyaring atau filter komentar di YouTube Studio, komentar yang mengandung kata-kata kasar secara otomatis akan masuk ke peninjauan YouTube.

Peralatan untuk moderasi komentas juga akan diberikan kepada pemilik akun agar lebih mudah dijangkau.

Baca Juga:  Polemik Sunda Empire, Begini Kata Ceu Popong

YouTube juga akan memasang teknologi baru agar sistem mereka bisa lebih baik lagi dalam mendeteksi dan menghapus ujaran kebencian, platrom milik Google ini juga akan meninjau topik video dan konteks komentar yang diberikan.

Penulis: Solahudin