Imasepa BJB Sayangkan Ada Berita Dukungan Terhadap Otsus Jilid II

JABARNEWS | BANDUNG – Ikatan Mahasiswa se-Tanah Papua Bandung Jawa Barat (Imasepa BJB) menggelar aksi media sosial terkait konflik yang sedang terjadi di Tanah Papua, Kamis (3/12/2020) di Asrama Kamasan II Bandung Jalan Cilaki, Cihapit, Bandung.

Dalam aksi sebut, mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di Bandung ini memberikan pernyataan sikap dengan mengutuk keras kegiatan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang dimuat oleh salah satu media massa di Jabar dengan judul “Mahasiswa papua di Jabar Dukung Kebijakan Pemerintah Otsus Jilid II”.

Ketua Imasepa BJB, Yudas Paragaye mengatakan, pihaknya menyayangkan adanya kabar tersebut. Padahal kata Yudas, Imasepa BJB dengan tegas menolak Otonomi Khusus (Otsus) JIlid II.

Baca Juga:  Copot Seluruh Perangkat Desa, Desa di Sumedang Ini Buka Lowongan Kerja

“Kami seluruh mahasiswa se-Tanah Papua Jabar dengan tegas menolak Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II, kami juga mengutuk keras tindakan-tindakan yang dilakukan oleh segelintir orang demi untuk mencari panggung atau jabatan yang mengatasnamakan Imasepa BJB untuk mendukung Otsus dan lain hal yang berkaitan dengan keberlanjutan Otsus Jilid II di tanah West Papua (Papua Barat, red),” kata Yudas dalam keterangan tertulis diterima Jabarnews, Kamis (3/12/2020.

Yudas menilai, tindakan tersebut hanya akan memperkeruh suasana dan berdampak kepada pemecah-belahan mahasiswa Papua yang ada di Jabar.

“Hanya akan menjadi jurang pemisah antara kita mahasiswa asal Papua, karena kegiatan tersebut dilakukan sepihak oleh oknum-oknum tertentu,” tutur Ketua Imasepa yang dilantik dua bulan lalu ini.

Baca Juga:  Kesbangpol Jabar Pastikan Penyelenggaraan Pilkada Berjalan Lancar

Yudas juga menyambungkan, hal tersebut perlu adanya diskusi bersama agar tidak ada kesalahpahaman antar kader Imasepas BJB hingga hilangnya kekompakan kader.

“Oleh karena itu pernyataan sikap seperti ini sebagai diskusi intelektual sangat diperlukan demi menjaga kesatuan dalam organisasi.” imbuh dia.

Disamping itu, hal senada juga dikatakan oleh Wakil Ketua Imasepas BJB, Flin Hernando Samberi mengatakan, Imasepas BJB yang terdiri dari 21 Kombas, Paguyuban, dan Korwil dengan Otsus Jilid II, karena menurutnya hal tersebut memang memusnahkan manusia dan alam Papua.

“Kami juga mengecam keras semua tindakan atau kegiatan yang mendukung Otsus Jilid II yang dilakukan oleh beberapa orang dan mengatasnamakan Mahasiswa Papua Jabar,” ujarnya.

Baca Juga:  Bendungan Ciawi Bogor Dinilai Bisa Tingkatkan Kapasitas Pengendalian Banjir Jakarta

Flin mengatakan, sebelumnya sudah dilakukan pemanggilan terhadap oknum yang bertugas sebagai fasilitator dalam pertemuan yang sudah terjadi pada hari Jumat, 27 November 2020. Dalam pertemuan tersebut kaya Flin, ada bahasan mengenai dukungan mahasiswa Papua yang ada di Bandung terhadap Otsus Jilid II.

“Tetapi sampai saat ini orangnya tidak hadir, selalu mencari alasan untuk menghindar. Dan kami akan usahakan untuk dapat bertemu dengan dia dan meminta klarifikasi dan membuat surat pernyataan dan permohonan maaf,” kata Flin.

Penulis: Solahudin