Simak, Lima Cara Membuat Foto Instagramable yang Menarik

JABARNEWS | BANDUNG – Siapa tidak kenal dengan sosial media bernama Instagram? Ya, sebuah aplikasi yang pertama kali dirancang oleh Kevin Systrom, Mike Krieger (Burbn, Inc.) itu mulai eksis di dunia maya sejak 2010.

Instagram merupakan media sosial yang menjadi wadah menyimpan dan mempublikasikan foto ini seolah sudah menjadi bagian dari hidup kita ya? Sebab, apa pun yang kita lakukan rasanya jadi ingin diabadikan dan dibagikan melalui Instagram.

Pernahkan kamu, merasa iri dengan postingan orang lain yang sangat Instagramable hingga mendapatkan like dan komentar banyak? Tenang, Jabanews.com telah merangkum beberapa cara supaya foto yang kita upload di Instagram terlihat menarik.

Tapi, sebelum itu, kamu perlu tahu bahwa membuat foto instagramable tidak harus menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Dengan smartphone sekarang yang sudah canggih, kamu juga bisa kok mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut Jabarnews.com telah mengumpulkan 8 cara membuat foto Instagramable dengan menggunakan smartphone:

Baca Juga:  Tol Padalarang Mulai Dipadati Kendaraan Yang Hendak Keluar Dari Bandung

1. Spot Foto – Spot foto yang menarik tentu akan sangat mempengaruhi kualitas foto yang diambil. Sebaiknya jika ingin foto kita menarik harus berlatar spot yang menarik juga.

Terus spot yang menarik yang seperti apa? Tenang, kita tinggal amati lingkungan sekitar. Jangan terpaku pada objek benda mati saja, tapi luaskan pandanganmu hingga ke aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang yang kamu temui. Bayangkan bahwa matamu adalah lensa kamera yang siap membidik.

Bila perlu, rencanakan spot foto dari jauh-jauh hari dan lakukan mini riset untuk mengetahui seluk-beluk tempat serta konsep yang cocok dengan spot yang ada. Jangan sampai, kamu sudah jauh-jauh mencari tempat tetapi hasilnya nihil.

2. Cahaya – Kamera smartphone memang tidak sebaik kamera profesional. Biasanya permasalahan utama pada foto yang diambil dengan smartphone adalah brightness.

Baca Juga:  Mengungkap Misteri Hilangnya Sekelompok Remaja dalam Film The Empty Man

Untuk menghindari foto yang gelap, sebaiknya lakukan pemotretan di pagi hingga siang hari. Gunakan cahaya matahari sebagai penerangan yang natural agar tidak terlihat aneh ketika foto diambil.

Bila kamu ingin mendapatkan foto siluet, sebaiknya lakukan pemotretan di sore hari saat cahaya matahari berubah menjadi kuning dan tak secerah siang hari. Tempatkan smartphone berkamera kamu melawan cahaya.

Perlu diingat, foto yang diambil dengan pencahayaan flash kurang maksimal dan agak susah mengatur jarak dengan objeknya. So, saran sih, sebaiknya hindari penggunaan flash agar fotomu makin kece, ya!

3. Posisi Kamera – Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu juga harus ekstra sabar dan tenang. Terburu-buru hanya akan mengakibatkan fotomu menjadi miring, blur, atau goyang.

So, relaaax! Inhale … exhale …. Tenangkan dulu pikiran. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk membidik objek, atur komposisinya supaya tidak terlihat miring, dan pegang kamera dengan stabil. Dan, jadilah foto yang outstanding!

Baca Juga:  KPK Tetapkan Dua Tersangka Kasus Korupsi Toilet Mewah di Bekasi, Siapa Mereka?

4. Resolusi – Kalau smartphonemu memberi pilihan resolusi, pilihlah resolusi tertinggi.

Hal ini akan membantumu menangkap detail yang lebih banyak dan bila dicetak, hasilnya tidak akan pecah.

Meski begitu, kamu juga harus menghadapi konsekuensi di mana ukuran file menjadi lebih besar, sehingga membutuhkan kapasitas memori yang lebih serta membutuhkan waktu yang lebih lama untuk transfer ke perangkat lain.

5. Edit Foto – Mengedit foto dengan aplikasi edit, meski hanya sedikit dapat membantu memaksimalkan hasil jepretan. Asal, jangan berlebihan dengan efek filternya.

Pilih aplikasi edit foto yang berkualitas bagus dan bisa memperkuat kesan foto. Sesuaikan saja kontras, vignette, crop, dan kecerahan agar fotomu terlihat lebih tajam.

Dijamin deh, fotomu akan terlihat seperti hasil jepretan kamera profesional.

Penulis: Solahudin