Ratusan Personel TNI dan Polri Jalani Tes Covid-19 Sebelum Amankan Pilkada

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Sebelum diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya, seluruh personel TNI dan Polri melakukan pengecekan Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan, agar seluruh jajaran TNI dan Polri mengetahui kondisi masing-masing.

“Sebelum diterjunkan ke lapangan, seluruh anggota dicek kesehatannya, rapid test dulu untuk memastikan seluruh personel yang bertugas dalam keadaan sehat,” kata Doni, dilansir dari Antara, Senin (7/12/2020).

Doni menerangkan, jumlah personel yang melakukan rapid test tersebut berjumlah 322 personel dari kepolisian dan 122 personel dari jajaran TNI.

Baca Juga:  Belasan Bantang Pohon Ganja Dimusnahkan Polisi di Purwakarta

Selain itu, Doni juga mengatakan dalam pengamanan Pilkada tanggal 9 Desember nanti, ada bantuan personel dari Polda Jabar.

Jika hasil tes cepat diketahui ada yang reaktif, kata dia, maka personel yang bersangkutan akan diganti dengan personel cadangan yang sudah disiapkan sebelumnya.

“Akan diganti, kita masih punya cadangan kekuatan sekira 300 orang personel cadangan,” katanya.

Kapolres menyampaikan seluruh personel yang diterjunkan ke lapangan akan dilengkapi alat pelindung diri (APD) sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Baca Juga:  Peringati Hari Pahlawan, Pelajar dan Santri Purwakarta Bershalawat Untuk Negeri

Selain Polri dan TNI, kata dia, petugas keamanan lainnya dari unsur Satuan Linmas di setiap TPS dibekali APD selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

“Akan kita bekali APD, rekan-rekan Linmas juga kita bekali APD dalam melaksanakan tugasnya,” katanya.

Kapolres mengajak seluruh elemen masyarakat yang memiliki hak suara untuk datang ke TPS memberikan suaranya dalam Pilkada Kabupaten Tasikmalaya pada 9 Desember 2020.

Masyarakat juga, kata dia, diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan wabah Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan datang sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca Juga:  Kesal Terus Ditagih Utang, Seorang Pemuda di Cimahi Tega Tikam Temannya

“Kami imbau patuhi protokol kesehatan saat datang ke TPS, seperti gunakan masker, cuci tangan, di TPS sudah disediakan semua,” katanya.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya periode 2020-2025 diikuti empat pasangan yakni nomor urut 1 Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya, pasangan nomor urut 2 Ade Sugianto (petahana Bupati Tasikmalaya)-Cecep Nurul Yakin, pasangan nomor urut 3 Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma, dan pasangan nomor urut 4 Iwan Saputra-Iip Miftahul Faoz.

Editor: Solahudin, Sumber: Antara