Banyak RS Isolasi Pasien Covid-19 Penuh, Pemprov Jabar Upayakan Langkah Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kasus positif meningkat seiring beberapa daerah kembali menjadi zona merah penyebaran Covid-19. Dengan adanya peningkatan tersebut, Komite Penanganan Covid-19 Jawa Barat mencatat, kasus terkonfirmasi pasien Covid-19 telah mengisi rumah sakit sebanyak 75 persen.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, Satgas Covid-19 sedang mempersiapkan 15 Hotel dan gedung perkantoran milik Pemprov Jabar, untuk mengantisipasi semakin penuhnya ruang isolasi di rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19.

Baca Juga:  Makan Masih Dibatasi, Begini Kondisi Terkini Komedian Tukul Arwana

“Melihat kondisi keterisian rumah sakit yang saat ini mencapai 75 persen, maka kami menyiapkan 11 gedung pemerintahan termasuk asrama dan 4 hotel yang akan menjadi ruangan isolasi merawat pasien Covid-19,” kata Emil sapaannya di Bandung, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga:  Hendak Adukan Nasib, THK2 Ditolak DPRD Garut

“Penambahan ruang pasien Covid-19 sebagai antisipasi, mengingat jika ada lonjakan kasus baru pasca Pilkada Rabu besok dan liburan panjang akhir tahun,” tambahnya.

Selain itu, Emil menerangkan bahwa dalam menyelesaikan pandemi Covid-19 harus dilakukan juga oleh partisipasi publik. Karena, lanjut dia, penanganannya tidak bisa mengandalkan aparat dan petugas.

Baca Juga:  Satgas PEN Realokasikan Anggaran Untuk Program Vaksinasi Covid-19

Selain itu, Emil menyebut penerapan preventif 3M di masyarakat harus dioptimalkan dan dipahami.

“Untuk itu, masyarakat harus memahami tanpa partisipasi publik sampai kapanpun Covid-19 ini tidak bisa dikendalikan,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha