Banyak RS Isolasi Pasien Covid-19 Penuh, Pemprov Jabar Upayakan Langkah Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kasus positif meningkat seiring beberapa daerah kembali menjadi zona merah penyebaran Covid-19. Dengan adanya peningkatan tersebut, Komite Penanganan Covid-19 Jawa Barat mencatat, kasus terkonfirmasi pasien Covid-19 telah mengisi rumah sakit sebanyak 75 persen.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, Satgas Covid-19 sedang mempersiapkan 15 Hotel dan gedung perkantoran milik Pemprov Jabar, untuk mengantisipasi semakin penuhnya ruang isolasi di rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19.

Baca Juga:  Warga Depok Perhatian! Malam Takbiran Diimbau Jangan Konvoi Keliling

“Melihat kondisi keterisian rumah sakit yang saat ini mencapai 75 persen, maka kami menyiapkan 11 gedung pemerintahan termasuk asrama dan 4 hotel yang akan menjadi ruangan isolasi merawat pasien Covid-19,” kata Emil sapaannya di Bandung, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga:  Maling Motor di Binjai Ditangkap dalam Barak di Deli Serdang

“Penambahan ruang pasien Covid-19 sebagai antisipasi, mengingat jika ada lonjakan kasus baru pasca Pilkada Rabu besok dan liburan panjang akhir tahun,” tambahnya.

Selain itu, Emil menerangkan bahwa dalam menyelesaikan pandemi Covid-19 harus dilakukan juga oleh partisipasi publik. Karena, lanjut dia, penanganannya tidak bisa mengandalkan aparat dan petugas.

Baca Juga:  Ade Ratmadja Tokoh Pendiri Kabupaten Bandung Barat Meninggal Dunia

Selain itu, Emil menyebut penerapan preventif 3M di masyarakat harus dioptimalkan dan dipahami.

“Untuk itu, masyarakat harus memahami tanpa partisipasi publik sampai kapanpun Covid-19 ini tidak bisa dikendalikan,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha