Live Stream Bandung 132 TV


"Quick Tempe" Inovasi Pangan Dengan Back-Slopping Teknologi

Ilustrasi, Tempe, (Foto: iStock)

Penulis: Lili Nailufhar (Mahasiswa Master di Institut Pertanian Bogor)

Tempe merupakan salah satu produk pangan yang murni berasal dari Indonesia. Makanan tradisional ini sudah dikenal sejak berabad-abad lalu dalam tatanan budaya makan masyarakat suku Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta. Kata “tempe” berasal dari Bahasa Jawa Kuno yang pelafalannya mirip dengan makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang saat ini disebut tumpi.

Baca Juga:

Antisipasi Kebocoran Pemudik, Ridwan Kamil Siapkan 2.500 Ruang Isolasi di Desa

Bawa Ratusan Pemudik, Polisi Amankan Puluhan Travel Gelap di Karawang



Dalam beberapa literatur juga ada yang menyebutkan bahwa pembuatan tempe diawali saat era Tanam Paksa sedang terjadi di pulau Jawa. Sampai saat ini tempe masih menjadi makanan tradisional khas Indonesia yang bahkan sudah mulai mendunia.

Produk tempe merupakan salah satu produk inovasi pangan hasil fermentasi dengan menggunakan kapang jenis Rhizopus sp. atau biasa disebut dengan ragi. Bahan baku pembuatan tempe adalah biji kedelai. Secara umum proses pembuatan tempe terdiri dari proses perendaman, penambahan ragi, dan proses fermentasi.

Namun setiap daerah di Indonesia memiliki variasi dan modifikasi tersendiri dalam membuat produk tempe. Perbedaan metode tersebut biasanya menyebabkan perbedaan karakteristik tempe di beberapa daerah di Indonesia.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Teknologi Makana Mahasiswa IPN Produk Tempe Tempe Modern Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi