BMKG Minta Sejumlah Wilayah Waspadai Hujan Lebat, Termasuk di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (Bewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah di Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua pada Kamis, 10 Desember 2020.

Berdasarkan data keluaran model numerik cuaca BMKG, Jakarta, Kamis (10/12/2020) potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara (Sumut) bagian barat, Sumatera Barat (Sumbar) dan Lampung.

Baca Juga:  Puluhan Buruh Genteng di Tasikmalaya Jadi Binaraga

Meski demikian, sebagian besar cuaca di pulau tersebut diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Kemudian, sebagian wilayah Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta dan Jawa Timur (Jatim) juga diperkirakan berpotensi hujan sedang hingga lebat, tetapi secara umum cuaca di wilayah-wilayah tersebut diprediksi cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Selanjutnya, BMKG juga memperkirakan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Tenggara (Sultra) bagian utara dan Sulawesi Selatan, dengan sebagian lainnya secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Baca Juga:  Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2022, Kapolres Purwakarta Cek Seluruh Kendaraan Dinas

Untuk cuaca di sebagian wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT), BMKG juga memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat.

Namun demikian, secara umum cuaca di wilayah-wilayah itu diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Selanjutnya, cuaca di Maluku dan Papua juga secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, cuaca di sebagian wilayah Maluku, Papua dan Papua barat diprediksi berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Baca Juga:  HUT BTN, Gandeng TNI dan Pelajar

Sementara itu, potensi hujan sedang diperkirakan akan terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng) bagian utara, Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Sedangkan wilayah lainnya di pulau itu diprediksi cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.