Data Penting di Ponsel Hilang? Tenang, Simak Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Berbagai macam tipe ponsel telah tersedia seiring perkembangan teknologi di Dunia, dan ponsel menjadi kebutuhan setiap saat. Bahkan, tak sedikit orang yang bergantung pada sebuah alat yang hanya berukuran beberapa inci itu.

Saking ketergantungannya seseorang terhadap ponsel yang dimilikinya, banyak orang yang menyimpan data penting entah itu milik pribadi ataupun kelompok organisasi hingga perusahaannya di ponsel.

Suatu ketika, karena entah ketidaksengajaan ataupun kenapa, data tersebut secara tiba-tiba hilang dari ponsel. Tentu hal itu sangat mengecewakan, apalagi tidak punya data backup-an di ponsel lain.

Tapi tenang, Jabarnews telah merangkum beberapa cara yang mungkin bisa membantu untuk mengembalikan data di ponsel yang hilang itu.

Langsung saja, berikut beberapa langkah yang bisa membantu untuk mengembalikan data di ponsel yang hilang:

Baca Juga:  Pasca Idul Fitri 2023, Herdiat Sunarya Minta Masyarakat di Ciamis Waspadai Covid-19

1. Google Drive – Biasanya aplikasi yang berlogo segitiga ini menjadi solusi ketika data di Manajemen File hilang.

Dalam Google Drive ini ada fitur yang bisa secara otomatis melakukan pencadangan seluruh file, baik itu foto, video, atau file lainnya. Jadi bagi yang kehilangan data penting di Manajemen Filenya, jika sudah mengaktifkan fitur auto sinkron coba cek di Google Drive.

2. Google Foto – Hampir sama dengan Google Drive, Google Foto juga memiliki auto sinkron, akan tetapi Google Foto hanya akan menarik file berformat jpg, png dan sejenisnya untuk melakukan pencadangan secara otomatis.

Jadi ketika kehilangan data Foto di Galeri cek Google Foto, siapa tau sudah otomatis tersimpan dan datanya tidak hilang.

Baca Juga:  Info Loker Bandung khusus Account Manager dan Digital Marketing, Cek Disini

3. Tong Sampah Ponsel – Berbeda dengan Drive dan Google Foto, fitur yang satu ini biasanya tertanam dan tergantung ponsel masing-masing, jika ada yang memiliki fitur seperti ini, ketika tidak sengaja menghapus file di Management File tidak perlu khawatir karena data sementara masih ada di tong sampah tinggal dikembalikan.

Beberapa ponsel yang memiliki fitur seperti ini biasanya akan mengalami kekeliruan seperti misalnya, galeri sudah kosong tetapi memori masih penuh, hal itu dikarenakan datanya masih tersimpan dalam tong sampah dan hanya akan terhapus setelah beberapa hari tergantung setingan.

4. Penyimpanan Icloud atau Penyimpanan Awan – Fitur ini sangat membantu untuk mengembalikan data yang terhapus ataupun hilang.

Baca Juga:  Emil Ajak Warga Papua di Jabar Tetap Bersatu

Cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan Google Drive, pengguna harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur auto backup di penyimpanan ini.

Penyimpanan Icloud atau Penyimpanan Awan juga bisa menyimpan berbagai macam file termasuk foto, video hingga file lain, bahkan beberapa ponsel support untuk membackup buku telepon di masing-masing ponsel.

Itu beberapa fitur yang bisa mengembalikan file atau data penting yang hilang atau terhapus di ponsel. Meski, data yang terhapus tadi hilang benar-benar tidak ada meskipun sudah melakukan beberapa langkah di atas, hal ini akan menjadi pelajaran kedepan untuk mengingatkan mengaktifkan fitur auto sinkron dan auto back up nya.

Penulis: Solahudin