Live Stream Bandung 132 TV


Kemendikbud Sebut Pendataan Siswa Jadi PR Terbesar di Sekolah

Jika pendataan siswa tidak benar maka akan menghambat proses bantuan pendidikan.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar saat jumpa pers di di SDN 047 Balonggede, Bandung, Jumat (11/12/2020). (Foto: Rian/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Berdasarkan catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diketahui salah satu permasalahan yang menjadi pekerjaan rumah (PR) terbesar di sekolah yakni pendataan siswa.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar mengatakan, jika pendataan siswa tidak benar maka akan menghambat proses bantuan pendidikan.

Baca Juga:

Warga di Sukabumi Keracunan Usai Buka Puasa, Polisi Amankan Pedagang Es Cendol

Soksi Jabar Nilai Airlangga Hartarto Potensial Jadi Capres 2024



Dia menyebut, salah satu kasus yang ditemukan, ada siswa yang terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), tetapi tidak terdata di Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga tidak terdeteksi oleh Kemendikbud.

"Kuncinya ada di data. Ada anak yang terdata di BPS tidak terdata di Dapodik, ada terdata di Dapodik tidak terdata di BPKS, jadi masih seperti ini. Barangkali memang PR kita yang paling besar," kata Abdul di SDN 047 Balonggede, Bandung, Jumat (11/12/2020).

Dia menjelaskan, pihak sekolah harus memahami bahwa sinkronisasi data ini sangat diperlukan. Kendati demikian, Abdul mengakui bahwa salah satu keterbatasan pemerintah, sekolah maupun Kemendikbud yakni permasalahan pendataan siswa.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kemendikbud Pendataan Siswa Data Pokok Pendidikan Badan Pusat Statistik Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi