BPCB Evakuasi Diduga Bangunan Candi, Berhasil Identifikasi Struktur Bata

JABARNEWS | INDRAMAYU – Sebuah struktur bata diduga bangunan candi di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tengah dilakukan evakuasi petugas.

Dalam Evakuasi yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, ini berlangsung pada 2-15 Desember 2020.

Baca Juga:  Polisi Tangkap 21 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika di Bogor, Begini Modusnya

“Telah berhasil mengidentifikasi struktur bata dengan jumlah lapisan sebanyak delapan lapis,” ujar Soni Prasetiya Wibawa, Ketua Tim Eskavasi Penyelamatan Situs Dingkel, dilansir dari sindo, Sabtu (12/12/2020).

Ia menjelaskan, pihanya juga telah berhasil menemukan bata profil yang mengindikasikan bahwa lapisan tersebut bagian dari dinding di sisi selatan. Kemudian telah teridentifikasi bagian yang diduga sebagai struktur sisi barat.

Baca Juga:  Catatkan PAD di Tahun 2020, Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian Perkuat SDM

“Ukuran dan dimensi jenis dibuat pada masa lalu yang mirip dengan bata merah. Adanya temuan awal ini, belum dapat menyimpulkan fungsi dan datanya. Kami baru penelitian awal dari sebuah ODCB yang ditemukan di Indramayu,” terangnya.

Baca Juga:  Cegah Pungli PPDB, Satgas Saber Pungli UPP Purwakarta lakukan Ini

Eskavasi penyelamatan yang dilakukan tim dari BPCB Banten, merupakan langkah awal untuk dilakukan penelitian lanjutan. Pihaknya meminta agar masyarakat Desa Sambimaya, untuk tidak melakukan aksi vandalisme atau perusakan terhadap ODCB tersebut.

Penulis: Ikbal Safana