Perlu Diwaspadai, Ini Lima Bakteri Yang Menyebabkan Penyakit

JABARNEWS | BANDUNG – Bakteri merupakan mikroorganisme yang sangat kecil yang umumnya tinggal dimana-mana seperti di tanah, air, udara, hingga di dalam tubuh manusia dan hewan. Bakteri sendiri memiliki manfaat serta resiko tertentu. Seperti halnya bakteri yang ada di usus besar akan membantu proses pencernaan makanan, atau bakteri yang ada di vagina yang bertugas menjaga fungsi kedua organ tubuh supaya tetap berjalan optimal. Namun, disisi lain, ada jenis bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi penyakit yang menyerang organ tubuh.

Selain itu, penularan bakteri dapat terjadi dengan berbagai cara, bisa secara langsung seperti percikan ludah orang terinfeksi yang terhirup, melalui makanan, atau gigitan hewan yang terkontaminasi. Infeksi bakteri sendiri bisa ringan hingga berat bahkan dapat menyebabkan kematian.

Penyakit akibat bakteri tidak bisa dianggap Sepele, Gejala penyakit yang ditimbulkan akibat bakteri pun berbeda-beda. Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga:  BPBD Medan Serahkan Material Bangunan Dan Alat Memasak Bagi Korban Banjir

1. Streptococcus Pneumoniae – Bakteri ini akan menyebabkan penderitanya mengalami penyakit pneumonia atau infeksi paru-paru. Penyakit ini adalah menular dan biasanya menyebar melalui partikel udara dari batuk atau bersin.

Bakteri streptococcus pneumoniae ternyata memang berada di saluran pernapasan manusia namun tidak berbahaya pada orang sehat. Bakteri Streptococcus pneumoniae juga menyebabkan infeksi telinga, sinus, dan meningitis.

2. Neisseria Gonorrhoeae – Jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit Gonorhoe. Penyakit jenis ini merupakan penyakit menular kelamin yang juga disebut kencing nanah. Bakteri ini bisa ditularkan melalui hubungan intim dengan seseorang yang terkontaminasi bakteri tersebut.

Adapun seseorang yang terkena bakteri ini akan menimbulkan beberapa gejala seperti rasa sensasi terbakar saat buang air kecil, pembengkakan di testis, serta terdapat kotoran di penis yang berwarna putih, kuning, atau hijau. Sementara gejala pada wanita adalah timbul rasa sensasi terbakar saat buang air kecil, keputihan lebih banyak, serta nyeri saat berhubungan intim.

Baca Juga:  Ada Dua Nama Diajukan Untuk Calon Wakil Wali Kota Bandung, Siapa Saja?

3. Treponema Pallidum – Bakteri ini menyebabkan penyakit kelamin yang harus pula kalian waspadai. Penyakit ini berpusat pada reproduksi wanita dan menyerang pada mulut, dubur, dan sistem saraf pada manusia. 

Penyakit ini menular melalui kontak fisik saat berhubungan dengan penderitanya. Gejala awalnya memang sulit dideteksi, namun beberapa minggu setelah terinfeksi, akan muncul ruam merah pada kulit kelamin. 

Selain itu, penyakit kelamin wanita ini bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada berbagai organ kalau nggak dirawat dengan benar.

4. Mycobacterium leprae – Merupakan salah satu jenis bakteri yang menyebabkan penyakit kusta. Bakteri tersebut akan menginfeksi kulit, sistem saraf, selaput lendir, otot hingga mata. 

Baca Juga:  Si Jago Merah Ngamuk di Bogor, Sebuah Rumah Hangus Terbakar

Penyakit ini terkadang distigmakan negatif sehingga terkadang penanganannya tidak maksimal, padahal kusta bisa disembuhkan. 

Seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami gejala seperti mati rasa, muncul lesi pucat yang tidak terasa sakit, tidak sakit saat terluka, kelumpuhan otot kaki dan tangan hingga kehilangan jari-jeri tangan.

5. Clostridium tetani – Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya yakni tetanus. Sebab, Infeksi bakteri serius ini menyebabkan kejang otot menyakitkan dan dapat menyebabkan kematian. 

Seseorang yang mengalami penyakit ini mempunyai gejala seperti kejang, kekakuan otot rahang, rahang terkunci, dan kesulitan menelan. Oleh sebab itu, penyakit ini harus segera ditangani dengan serius.

Penulis: Dewi Gayatri