Berselang Hari ke Zona Merah Lagi, Dinkes KBB Ungkap Sebabnya

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sempat masuk menjadi zona oranye selama sekitar sepekan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali masuk ke zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Hal itu berdasarkan hasil evaluasi mingguan Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat. KBB menjadi satu dari delapan daerah di Jabar yang kini berstatus sebagai zona merah.

Kepala Dinas Kesehatan KBB Hernawan Widjajanto mengaku sulit untuk mempertahankan status zona orange  mengingat kedisiplinan masyarakat rendah dalam penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Kabupaten Purwakarta Kekurang PPL

“Iya hari ini KBB kembali ke zona merah. Agak kesulitan juga untuk bertahan di orange, karena kasus positifnya terus bertambah,” kata Hernawan saat dihubungi, Senin (14/12/2020).

Menurut dia, belakangan ini kasus Covid-19 di KBB mengalami lonjakan drastis, karena banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan antardaerah. Selain itu, penyebaran Covid-19 juga terjadi di lingkungan keluarga.

Dinkes KBB berupaya melakukan intervensi dengan mempercepat proses kesembuhan pasien positif Covid-19. Misalnya dengan pemantauan intensif dan pemberian suplemen untuk meningkatkan imunitas pasien positif.

Baca Juga:  Patroli Malam, Polisi di Purwakarta Terus Imbau Pencegahan Covid-19

“Sejauh ini pelaku perjalanan dan klaster keluarga penyumbang kasus Covid-19 di KBB. Kami hanya bisa berupaya mempercepat kesembuhan, karena kalau mengatur masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan agak sulit, banyak yang sudah abai,” terangnya.

Dia menambahkan, Dinkes KBB pun tak henti-hentinya mengimbau dan menyosialisasikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat mesti mengikuti Gerakan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca Juga:  Walah! Bupati Cianjur Dipanggil Bareskrim Polri, Ada Apa?

Saat ini kasus Covid-19 di KBB mencapai 1.257 kasus. Rinciannya, sebanyak 394 orang positif aktif, 836 orang telah dinyatakan sembuh, dan 27 orang meninggal dunia.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut zona merah penyebaran Covid-19 di Jawa Barat kembali bertambah, termasuk di antaranya ialah KBB. “Zona merah bertambah menjadi delapan daerah, Jadi ini kita harus waspada ya,” ujarnya.

Penulis: Yoyo W