Rumpun Bambu Selamatkan Bus Oleng Hampir Masuk Jurang di Tasikmalaya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Sebuah Bus pariwisata yang membawa puluhan penumpang terjun ke jurang sedalam 50 meter di jalan raya lingkar Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya , Jawa Barat, Selasa (15/12/2020) dinihari.

Sebanyak 29 penumpang, termasuk dua di antaranya anak balita, selamat setelah laju bus di tengah jurang tertahan rumpun bambu.

Kanit Lantas Polsek Kadipaten, Iptu Edi Suprayitno mengatakan, kecelakaan tunggal tersebut terjadi diduga karena hilang kendali.

Baca Juga:  Kota Bandung Zona Merah Lagi, Ini Daftar Ruas Jalan yang Ditutup

“Saat kejadian kondisi aspal licin saat memasuki turunan curam,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai keterangan sopir, bus melaju dari arah Bandung menuju objek wisata Pangandaran. Cuaca sedang hujan gerimis saat bus tiba di lokasi kejadian dan kondisi lalu lintas tak terlalu ramai.

“Tiba-tiba bus oleng dan tergelincir sampai terjun ke jurang sebelah kiri. Beruntung, laju bus tertahan rumpun bambu di pinggir jurang dan tak sampai ke bawah yang diperkirakan memiliki kedalaman 50 meter lebih,” ujarnya.

Baca Juga:  Seleksi Jabatan Direktur Politeknik STAN Dibuka, Cek Syaratnya!

“Kejadiannya sekitar pukul 04.30 WIB pagi tadi. Kalau sampai tak tertahan rumpun bambu, bus tentunya bisa terjun sampai ke dasar jurang yang kedalamannya mencapai 50 meter,” tambah Edi.

Tidak ada korban dalam kecelakaan tunggal tersebut dan arus lalu lintas pun tak mengalami kemacetan karena kecelakaan terjadi di luar badan jalan.

Baca Juga:  MUI Jabar Tegaskan Gempa Cianjur Bukan Azab, Begini Penjelasannya

“Lokasi lalin lancar, kami sedang berupaya mengangkat bangkai bus dengan menggunakan mobil derek,” ujar Edi.

Proses evakuasi bus menurunkan 3 unit mobil derek, lantaran medan yang cukup curam. Sementara untuk mengurai arus lalu lintas yang sempat terganggu polisi bekerjasama dengan Dinas Perhubungan bersiaga di lokasi kejadian.

Penulis: Ikbal Safana