Tiap Hari di Cimahi Ada Korban Covid-19, Pemakaman Khusus Ditambah

JABARNEWS | CIMAHI – Pemkot Cimahi sudah menyiapkan lahan pemakaman baru untuk jenazah yang jadi korban Covid-19. Lokasinya berada di sekitar Kelurahan Cigaperan, Kecamatan Cimahi Utara.

Lahan pemakaman tersebut berada di lahan milik Pemkot Cimahi. Ada dua blok yang sudah disiapkan, di mana masing-masing blok memiliki berkapasitas sekitar 90 liang lahat.

“Pemerintah siapkan dua blok. Satu blok buat 90 orang, jadi ada 180 lubang yang kami siapkan di Cimahi,” kata Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, di Pemkot Cimahi, Jalan Raden Hardjakusumah, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga:  Wabup Majalengka Terima Kunjungan Kedubes AS Jajaki Kolaborasi

Ngatiyana menjelaskan, lahan pemakaman baru itu disiapkan sebagai antisipasi, meskipun diharapkan tidak ada lagi kasus kematian gara-gara virus korona.

Namun, pada kenyataannya, Ngatiyana menyebutkan bahwa setiap hari ada saja pasien Covid-19 yang meninggal. Termasuk pasien yang berstatus probable Covid-19 atau belum diketahui hasilnya namun terlebih dahulu meninggal dunia.

Baca Juga:  Polres Sukabumi Kota Tangkap 56 Pelaku Kejahatan dalam 10 Hari

Tercatat per hari ini sudah ada 49 warga Kota Cimahi yang terkonfirmasi positif Covid-19 kemudian meninggal dunia. Sementara yang statusnya porbabel sudah ada 10 orang.

“Bertambah lagi kasus yang meninggal karena Covid-19. Sehari itu ada 2-3 orang (yang meninggal dunia),” terang Ngatiyana.

Dengan kondisi tersebut, Pemkot Cimahi harus melakukan antisipasi, palagi lahan yang sudah ada, yakni di Blok F, Blok G dan Blok H sudah penuh. “Jadi kami sekarang punya stok untuk tiha bulan ke depan,” ucapnya.

Baca Juga:  RSHS Bandung Siapkan Puluhan Dokter Antisipasi Pasien Flu Burung

Kota Cimahi saat ini masuk zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19. Dalam sehari, tercatat hampir selalu ada puluhan kasus baru yang terkonfirmasi positif.

Tercatat per hari ini jumlah totalnya sudah mencapai 1.607 orang. Dari jumlah total tersebut, sebanyak 986 orang sudah dinyatakan sembuh, 49 orang meninggal dan sebanyak 572 masih terkonfirmasi positif Covid-19.

Penulis: Yoyo W