JMN Channel


Indonesia Digital Conference 2020, Perlu Kolaborasi Untuk Keberhasilan Entitas Bisnis

Banyak bisnis sektor UMKM yang tumbang

Streaming Indonesia Digital Conference 2020, (Foto: Jabarnews)

JABARNEWS | JAKARTA – Inovasi dan transformasi digital tidak memerlukan biaya yang besar, tapi kreativitas dari pelaku bisnis. Untuk mencapai hal itu, kolaborasi menjadi kunci keberhasilan entitas bisnis baik yang besar sampai level UMKM.

William Tanuwijaya, Founder & CEO Tokopedia, pada sesi III Indonesia Digital Conference bertema Disrupting Legacy, Innovation beyond the Pandemic mengatakan pandemi memberi dampak luar biasa pada mitra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga:

Bima Arya: Covid-19 Terkendali, Rs Lapangan Kota Bogor Dinonaktifkan

Dua Pejabat di Cianjur Terpapar COVID-19 Usai Vaksinasi, Seorang Meninggal



Banyak bisnis sektor UMKM yang bertumbangan tapi banyak pula berusaha beradaptasi dengan perubahan. Ia mencontohkan yang dilakukan pengrajin batik ketika pesanan turun selama masa pandemi, pelaku UMKM ini mengubah arah bisnis sesuai permintaan pasar.

"Kalau hanya menunggu dan berharap pandemi berakhir, tentu sudah bangkrut saat ini. Karena itu saya mengajak semua yang ikut acara hari ini untuk berpikir bahwa pandemi ini bukan pandemi pertama. Kita harus bersiap. Anggap ini wajib militer kita, memikirkan apa yang akan terjadi (dilakukan) bila pandemi berikutnya akan terjadi lagi," ujar William, Selasa (15/12/2020) saat diskusi yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara virtual.

Sementara itu Charles Wonsono, Head of Strategy and Business Effectiveness Siloam Hospitals mengatakan pandemi Covid-19, memberikan dampak semua sektor. Covid-19 memberi tantangan pada layanan kesehatan karena pasien dan doktor khawatir keamanan dari paparan virus.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : AMSI Asosiasi Media Siber Indonesia Indonesia Digital Conference 2020 Transformasi Digital. Bisnis Ekonomi UMKM Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Duh! Atalia Praratya Positif Corona

DPRD Minta Dinsos Jabar Kaji Ulang Penyaluran Bansos Covid-19

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi