Sudah Tahu Belum? Facebook Hadirkan Aplikasi Bernama Collab

JABARNEWS | BANDUNG – Facebook resmi meluncurkan Collab secara publik, aplikasi pembuatan musik secara kolaboratif, yang pertama kali dirilis beta pada Mei lalu.

Aplikasi yang bisa di undih melalui Apple App Store ini memungkinkan pengguna membuat video musik pendek dengan menggabungkan hingga tiga video. Seperti, tiga musisi masing-masing dapat memainkan bagian lagu yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu video.

Baca Juga:  Operasi Pekat Lodaya 2023 di Purwakarta, Polsek Plered Sita Ratusan Botol Miras

Namun, setiap video yang dibuat juga dapat diposting ke feed ‘Collab’, dimana feed ‘Collab ini tempat orang lain menonton dan memutar video tersebut.

Kelebihan lain dari aplikasi ‘Collab’ ini, pengguna juga dapat merekam satu bagian, lalu mencampurnya dengan dua bagian lain yang ditemukan di feed ‘Collab’ yang telah direkam orang lain.

Baca Juga:  Dinilai Kurang Relevan, DPRD Kota Bandung Ubah Peraturan DPRD NO 2 Tahun 2022 Tentang Kode Etik

Opsi lainnya, pengguna dapat menggabungkan video orang lain, sehingga tidak perlu menjadi musisi. Namun, setiap pengguna akan mendapatkan kredit untuk karyanya, menurut Facebook.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pelaku Pelecehan Seksual di Depok

Pengguna pun tidak perlu khawatir untuk mengedit video, karena Collab memiliki alat dalam aplikasi untuk menyinkronkan video.

Aplikasi ini tidak terintegrasi langsung dengan Facebook, namun pengguna dapat mengekspor produk jadi ke Instagram Story, serta platform lain, termasuk TikTok, melalui opsi berbagi di iOS.

Sumber: Inilah Koran