Bingung Liburan di Rumah Mau Ngapain? Simak Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Pada masa pandemi seperti saat ini, hampir semua aktivitas harus dilakukan di rumah, termasuk liburan. Agar liburan di rumah menjadi lebih menyenangkan, simak ragam ide aktivitas yang menarik nan sehat untuk Anda serta keluarga.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan di rumah dengan keluarga. Mulai dari kegiatan yang mengasah kreativitas hingga kegiatan yang juga menyehatkan.

Berikut adalah beberapa ide kegiatan liburan yang menyenangkan di rumah bersama keluarga:

1. Membuat calming jar – Calming jar adalah stoples yang berisikan glitter dan manik-manik yang bergerak lambat. Selain proses pembuatannya yang menyenangkan, Anda juga bisa membantu Si Kecil menjadi lebih tenang.

Cara membuatnya adalah siapkan stoples bening kecil atau botol minum kecil, kemudian masukan air hingga memenuhi sepertiga botol. Masukkan lem glitter secukupnya dan aduk bersama air. Lalu, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan sesuai keinginan anak dan aduk.

Kemudian, masukkan manik-manik dan glitter yang Si Kecil senangi. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan sisakan sedikit ruang dalam botol agar campuran di dalamnya dapat bergerak.

Baca Juga:  Tiga Cara Mengatasi Spul Motor Rusak Dengan Mudah

Calming jar dipercaya dapat membuat anak Anda menjadi lebih fokus pada pergerakan manik dan glitter di dalamnya sehingga membuat Si Kecil merasa lebih tenang dan nyaman.

2. Membuat gelembung sabun – Aktivitas liburan di rumah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat gelembung sabun. Anak-anak dapat belajar keterampilan bernapas dalam dengan menggunakan gelembung sabun.

Napas dalam adalah cara terbaik untuk mengatasi kecemasan. Mengambil napas dalam saat meniupkan gelembung sabun dapat membantu Si Kecil untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, yakni sistem tubuh yang bertugas saat seseorang dalam keadaan istirahat atau tenang.

Oleh karena itu, aktivitas ini diharapkan mampu membuat anak lebih bahagia dan sejenak melupakan keinginannya untuk bermain di luar atau bersama teman-temannya dalam kondisi pandemik ini.

Cara membuat gelembung sabun dapat dilakukan dengan mempersiapkan wadah besar, setengah cangkir sabun cuci piring, dua sendok teh gula, satu setengah mangkuk air, dan tongkat gelembung.

Baca Juga:  Usai Bubarkan FPI, Dedi Mulyadi: Saatnya Negara Tindak Korporasi Ugal-ugalan Perusak Alam

Tuangkan setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam wadah, kemudian masukan dua sendok teh gula dan satu setengah gelas air, kemudian aduk campuran tersebut dengan perlahan. Gelembung tiup pun siap digunakan.

3. Bermain puzzle – Aktivitas lain yang tidak kalah seru adalah bermain puzzle bersama keluarga sebagai aktivitas liburan di rumah. Selain seru dan menantang, puzzle juga dapat membantu mengasah kemampuan kognitif anak dan melatih anak untuk belajar memecahkan masalah.

Anda bisa membeli puzzle atau membuatnya sendiri dengan gambar pilihan Si Kecil. Anda dapat memotong gambar tersebut ke dalam beberapa bagian, kemudian acak untuk disusun kembali oleh anak.

Selain bagus untuk anak, bermain puzzle juga memberikan manfaat untuk Anda. Bermain puzzle atau teka-teki gambar merupakan salah satu cara terbaik untuk memperkuat otak Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan kegiatan bermain puzzle bisa menjadi faktor pelindung dari penuaan kognitif visuospasial dan beberapa kemampuan kognitif lainnya.

Baca Juga:  Pengangguran di Tanjungbalai Curi Pintu Besi Sekolah

Pasalnya, saat bermain puzzle, Anda harus melihat beragam potongan puzzle dan Anda harus mencari tahu di mana potongan yang cocok dengan gambar tersebut. Hal ini bisa menjadi cara yang bagus untuk melatih dan menantang otak Anda.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat menjadi ide untuk Anda menghabiskan liburan di rumah bersama keluarga. Dengan banyaknya waktu di rumah, Anda bisa memvariasikan berbagai kegiatan ini setiap harinya jika memungkinkan

Pada masa sulit seperti sekarang ini, wajar jika Anda merasa khawatir terhadap kondisi sekitar dan rumah.

Meski begitu, cobalah untuk tetap menjaga kebahagiaan keluarga dengan menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama mereka.

Jangan sampai kondisi saat ini membuat Anda cemas berlebih hingga stres. Ingat, pada saat strss, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang justru membahayakan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jadi, aktivitas liburan di rumah mana yang menjadi pilihan Anda?