KPK Tipikor Jabar Ajak Masyarakat Cegah Korupsi Sejak Dini

JABARNEWS | BANDUNG – Upaya pencegahan tindak pidana korupsi (tipikor) tidak bisa hanya mengandalkan aparat panegak hukum. Keterlibatan masyarakat juga diperlukan untuk mencegah korupsi.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komisi Pengawasan Korupsi (KPK) Tipikor Jawa Barat Heri Sismoro. Menurut dia, peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan korupsi juga tak kalah penting.

“Oleh karena itu, kami ingin menjadikan KPK Tipikor sebagai penggerak dan motivator bagi seluruh lapisan masyarakat, untuk ikut mencegah dan memberantas korupsi,” kata Heri di Bandung, Senin (21/12/2020).

Baca Juga:  Penyakit Lumpuh Jadi Biang Kerok 3 Ekor Indukan Kambing Milik Warga Ciamis Mati

KPK Tipikor, terang dia, berkeinginan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan bahaya korupsi, yang dapat menghambat upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan informasi dengan instansi yang berwenang melakukan tindak pidana korupsi. Selain itu, kami mengedukasi masyarakat sejak dini tentang tindak pidana korupsi,” katanya.

Edukasi kepada masyarakat, imbuh dia, juga dilakukan dalam pengawasan terpadu terhadap tindakan yang mengarah pada pidana korupsi. Edukasi maupun pengawasan dilakukan berdasarkan UU Nomor 31 Tahun 1999.

Baca Juga:  Akibat Kebakaran Kemarin, RSUD Bandung Kiwari Rugi Hampir Rp1 Miliar

Humas DPW KPK Tipikor Jabar Wisnu Purnomo menambahkan, dalam mengoptimalkan pengawasan tindak pidana korupsi, pihaknya pun telah bekerja sama dengan instasi pemerintahan dan pengusaha.

“Dengan terjalinnya kerja sama ini, besar harapan kami agar potensi korupsi sekecil apapun bisa dicegah dan diketahui sejak dini. Jangan sampai korupsi semakin membesar atau meluas,” kata Wisnu.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca, Berikut 7 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat Yang Berpotensi Hujan

Selanjutnya, DPW KPK Tipikor Jabar akan membentuk perwakilan di seluruh kabupaten/kota. Dari 28 kabupaten/kota di Jabar, saat KPK Tipikor di daerah sudah terbentuk di Majalengka, Purwakarta, Bekasi, Karawang, dan Subang.

“Rencananya kami akan llanjutkan juga untuk pembentukan di Garut, Tasikmalata, Ciamis, dan kabupaten/kota yang lain. Itu untuk mencegah potensi korupsi di daerah,” pungkasnya.

Penulis: Yoyo W