Live Stream Bandung 132 TV


Menteri PUPR: Bendungan Berguna Untuk Tambahan Tampungan Air

Pada musim hujan air akan ditampung dalam bendungan dan akan dimanfaatkan pada musim kemarau.

Bendungan Mila yang dibangun Kementerian PUPR di Nusa Tenggara Barat, (Foto: Kementrian PUPR)

JABARNEWS | JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan 18 bendungan baru selama periode 2015-2020.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan potensi air di Indonesia cukup tinggi sebesar 2,7 triliun meter kubik per tahun.

Baca Juga:

Digitalisasi Berbagai Layanan, Evolusi Bank Bjb Menuju Era Cashless

Layanan Mobile Banking Bank Bjb, Masuk 10 Terbaik Nasional



Dari volume tersebut, air yang bisa dimanfaatkan sebesar 691 miliar meter kubik per tahun, dimana sudah dimanfaatkan sekitar 222 miliar meter kubik per tahun untuk berbagai keperluan seperti kebutuhan rumah tangga, peternakan, perikanan dan irigasi.

“Namun dengan potensi tersebut, keberadaannya tidak merata dalam dimensi ruang dan waktu, sehingga kita membutuhkan tampungan-tampungan air baru. Dimana pada musim hujan air akan ditampung dalam bendungan dan akan dimanfaatkan pada musim kemarau. Itulah gunanya bendungan dan embung/setu untuk menambah tampungan air,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis Jakarta, Selasa (22/12/2020)

Adapun 15 bendungan yang selesai pada kurun waktu 2015-2019 telah menambah volume tampung sebesar 1.106,04 juta meter kubik untuk dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian seluas 109.790 hektar.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Potensi Air Indonesia Pembangunan Bendungan Jabrnews berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 1500 Meter

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi