Libur Nataru 2021, Petugas akan Rekayasa Lalin di Tol Cipali

JABARNEWS | CIREBON – Volume kendaraan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Kanci-Pejagan, diprediksi meningkat tajam saat libur Natal dan Tahun Baru 2021. Untuk itu, Polresta Cirebon akan menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tak terjadi penumpukan kendaraan.

Kapolresta Cirebon, Kombes M Syahduddi mengatakan, jika terjadi kepadatan arus lalu lintas di Jalan Tol Cipali, khususnya yang mengarah ke Jawa Tengah, pihaknya akan mengalihkan kendaraan angkutan barang dengan kriteria tertentu agar melintas di jalur arteri.

Baca Juga:  Tinjau Vihara, Kapolresta Deli Serdang Disuguhi Atraksi Barongsai

Pihaknya juga mendirikan pos pengamanan terpadu di Gerbang Tol Palimanan untuk mengamankan arus lalu lintas di Jalan Tol Cipali selama libur Nataru.

Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Perhubungan, dalam hal ini Direktur Jenderal Perhubungan Darat, terdapat pembatasan angkutan barang, di hari-hari tertentu yang akan melintasi jalan tol.

“Pertimbangannya ketika arus lalu lintas di sepanjang jalur tol Cipali mengalami kepadatan, khususnya jalur yang mengarah ke jalur Jawa Tengah saat mudik, kita akan mengalihkan kendaraan-kendaraan sumbu tiga dengan kriteria tertentu, dari jalan tol ke arteri,” ujar Syahduddi kepada wartawan di Mapolresta Cirebon, Jawa Barat, Senin (21/12/2020).

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Bakal Sibukkan Generasi Milenial dengan Kegiatan Positif Selama Ramadhan, Ternyata...

Lebih lanjut, ia menjelaskan, sejumlah personel gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Jasa Marga, dan lainnya, akan bersiaga di pos terpadu yang didirikan di Gerbang Tol Palimanan. Pos terpadu juga didirikan di rest area KM 228 A dan KM 229 B Jalan Tol Kanci-Pejagan.

Baca Juga:  Sekolah di Cianjur Kembali Terapkan PTM 50 Persen, Ini Kata Disdikpora

Syahduddi mengaku, dua rest area tersebut menjadi salah satu fokus utama dalam pengamanan libur Nataru. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola rest area, supaya daya tampung maksimal di rest area KM 228 A dan KM 229 B hanya 50 persen saja.