Maknai Hari Ibu, Wagub Uu: Peranannya Penting di Tengah Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Peringatan Hari Ibu tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Meski begitu, Hari Ibu harus dimaknai secara mendalam. Apalagi, dalam situasi pandemi, ibu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan keluarga.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dalam peringatan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020 Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/12/2020).

“Hakikat Hari Ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda tentang arti penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia,” kata Uu dalam pidatonya.

Baca Juga:  Wakil Wali Kota Cirebon Minta Mutu Produk Perikanan Terus Ditingkatkan

Dia menyatakan, perempuan, khususnya ibu, merupakan pusat keluarga. Ibu, ucap dia, dapat menjadi penggerak ketahanan keluarga. Ibu pun berperan sebagai istri yang mendukung peran suami dalam menghidupi keluarga. Pun terhadap anak, ibu menjadi tempat belajar berbagai hal.

Baca Juga:  DWP Jabar Ingin Penyandang Disabilitas Diberikan Keahlian Sesuai Perkembangan Zaman

“Apalagi kita sebagai umat beriman Islam, sudah lebih awal menghargai dan menghormati perempuan. Perempuan tiangnya negara. Hormati perempuan, jaga perempuan, dan cintai perempuan,” ucapnya.

Uu mengungkapkan, ibu menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan keluarga di tengah pandemi Covid-19. Dia memotivasi ibu yang berprofesi sebagai perawat dan dokter di rumah sakit rujukan untuk terus berjuang menangani Covid-19 sekaligus menjaga keluarga.

Selain itu, Uu mendorong perempuan, khususnya ibu, untuk turut membangun bangsa. Perempuan saat ini, lanjut dia, sudah punya porsi atau kesempatan yang sama dengan lelaki. Perempuan bisa masuk dunia politik, pendidikan, dan sektor lain.

Baca Juga:  Menyoal Larangan Sahur On The Road, MUI Cianjur: Lebih Baik ke Tenda Pengungsian

“Perempuan Indonesia masa kini dituntut untuk sadar dan aktif meraih bebagai bidang perempuan,” ungkapnya.

“Sesuai tema utama peringatan Hari Ibu 2020, yakni Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Teruslah maju menjadi sosok yang mandiri, akan bersama laki- laki jadi kekuatan besar terwujudnya Sumber Daya Manusia,” tutupnya.

Penulis: Rian Nugraha