Ini Dia Sosok Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas Pilihan Presiden Jokowi

JABARNEWS | BANDUNG – Tokoh Muslim Yaqut Cholil Qoumas atau yang lebih dikenal sebagai Gus Yaqut, ditunjuk menjadi Menteri Agama (Menag) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Fachrul Razi untuk periode 2020-2025.

Penunjukan Gus Yaqut tersebut diumumkan Presiden Jokowi dari Istana Merdeka dan disiarkan langsung dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, (22/12/2020).

Bersama enam menteri baru lainya, Jokowi melantik Gus Yakut pada Rabu (23/12/2020), mejadi Menteri Agama, yang diketahui ia merupakan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, sayap organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU).

Mengenal lebih siapa Gus Yaqut, pria kelahiran 4 Januari 1975 itu merupakan putra dari salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu KH Muhammad Cholil Bisri atau Gus Mus dan juga saudara dari tokoh NU Yahya Staquf.

Baca Juga:  Korupsi Dana Desa dan BLT Covid-19, Bendahara Desa di Cirebon Dijebloskan ke Sel Tahanan

Gus Yaqut tercatat sempat menempuh pendidikan di SDN Kutoarjo hingga lulus pada tahun 1987. Kemudian, ia menyelesaikan pendidikan sekolah menengah di SMPN II Rembang pada tahun 1990 dan di SMAN II Rembang pada tahun 1993.

Lulus SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia. Di sana, ia juga aktif berorganisasi sebagai Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang UI Depok hingga 1997.

Pada tahun 2005, Gus Yaqut terjun ke arena politik praktis, menjadi Anggota DPRD Kabupaten Rembang (2005). Di tahun yang sama ia maju mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati pada Pilkada 2005 dan terpilih menjadi Wakil Bupati Rembang periode kerja 2005-2010.

Baca Juga:  Kejari Karawang Periksa Ratusan Saksi Dugaan Korupsi Dam Parit

Gus Yaqut duduk di parlemen pada tahun 2014. Dia dilantik sebagai Anggota DPR RI Fraksi PKB, dalam pergantian antar waktu menggantikan Hanif Dhakiri yang diangkat menjadi Menteri Tenaga Kerja di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Selain itu, dia juga melaksanakan tugas sebagai Ketua Umum GP Ansor dan terpilih menjadi anggota DPR RI 2019-2024 dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah X.

Menjadi bagian dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI, Yaqut bertugas di Komisi II DPR yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reforma Agraria.

Baca Juga:  Dukung Dedi,  DPP Minta Golkar Jabar Perkuat Akar Rumput

Seperti diketahui, Gus Yaqut menjadi tokoh muslim yang diperkenalkan Presiden Jokowi bersama enam menteri barunya, mulai dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, hingga mantan cawapres Sandiaga Uno. Berikut keenam menteri baru Jokowi – Maruf Amin:

  1. Menteri Sosial Tri Rismaharini
  2. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
  3. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
  4. Menteri Perdagangan M Lutfi
  5. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
  6. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Penulis: Ikbal Safana