Tepat di Hari Ibu, Puluhan Penyu Menetas di Pesisir Pantai Pangumbahan

JABARNEWS | SUKABUMI – Penyu merupakan jenis satwa langka yang dilindungi akibat keberadaannya yang mulai terancam punah baik dari kegiatan alam secara langsung maupun tidak langsung.

Tercatat dari tujuh jenis penyu di dunia, enam diantaranya hidup di perairan Indonesia salah satunya adalah Penyu Hijau (Chelonia mydas).

Baca Juga:  Demokrat Jabar Ingin AHY Jadi Cawapres Dampingi Anies Baswedan

Bertepatan dengan hari ibi Selasa (22/12/2020), puluhan penyu meneras di Taman Pesisir Pantai Penyu Pangumbahan berada di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

“Ada sekitar 50 anak penyu atau tukik yang menetas dan akan dilepasliarkan ke lautan lepas,” ujar Baban, Petugas Ruang Penetasan Konservasi Penyu Pangumbahan, dilansir dari tribun, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga:  Seorang Kakek Ditemukan Meninggal Dunia dalam Masjid di Kawali Ciamis, Warga Tak Ada yang Kenal

Ia mengatakan, penyu tersebut menetas setelah dua bulan masa perawatan saat masih menjadi telur. Penyu tersebut biasa menetas malam hari.

Rencananya, penyu yang menetas pada Selasa malam itu akan dilepaskan kelautan pada hari ini (23/12/2020). Selam ini petugas menjaga telur penyu tersebut dengan melakukan pengamanan dari predator hewan yang biasa memakan telur penyu tersebut seperti biawak, serta membersihkan sampah-sampah.

Baca Juga:  Ayo Buruan! 61 Perusahaan di Bekasi Buka 3.000 Lowongan Kerja  

Penulis: Ikbal Safana