Live Stream Bandung 132 TV


Gelar KKN Tematik Di Tengah Pandemi, UPI Berupaya Mewujudkan Merdeka Belajar

Muhammad Rizqi Prajab, Mahasiswa Pendidikan IPS di Universitas Pendidikan Indonesia (Foto: dok/Pribadi)

Oleh: Muhammad Rizqi Prajab, Mahasiswa Pendidikan IPS di Universitas Pendidikan Indonesia

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terpanggil untuk berkontribusi dalam program penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang ada di lingkungan UPI merumuskan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik di Masa Pandemi COVID-19 untuk penanggulangan COVID-19 di bidang Pendidikan.

Baca Juga:

Waduh! Lebaran Usai, 2.000 ASN Disdikpora Karawang Mangkir Kerja

Pemkab Bandung Buka Ribuan Untuk Formasi PPPK dan CPNS 2021, Ini Penyebabnya



Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik merupakan kegiatan yang terjadwal secara akademik di Universitas Pendidikan Indonesia. Program pengabdian kepada masyarakat dipandang oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai program yang wajib dilaksanakan, baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip: (1) kompetensi akademik; (2) kewirausahaan; dan (3) professional; sehingga dapat menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, relevan, dan sinergis dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat (Ruyadi dkk, 2010:172). Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik adalah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dengan fokus yang spesifik dengan ciri: (1) relevan dengan program pembangunan daerah atau pemerintah pusat; (2) relevan dengan kebutuhan masyarakat; dan (3) relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang dimiliki UPI. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ini didasarkan kepada prinsip-prinsip pendidikan, yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani. KKN Tematik Covid-19 bertujuan untuk mewujudkan merdeka belajar.

Adapun Dalam Hal Ini Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggrakan di tengah pandemi ini bersifat secara daring, sebagai upaya pengurangan resiko terpapar COVID-19. Tanpa mengurangi esensial pengabdian yang dilakukan setiap tahunnya, kali ini Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di focuskan sebagai upaya penanggulangan dampak COVID-19. Kuliah Kerja Nyata Tematik ini diselenggarakan Melalui Pihak LPPM UPI Oleh Mahasiswa UPI yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tersebar di beberapa Daerah di Indonesia.

Pasalnya Program yang dilaksanakan oleh LPPM UPI ini bersifat daring, yang mana menurut Muhammad Rizqi Prajab salah satu mahasiswa UPI yang sedang melaksanakan KKN menyebutkan bahwa, tujuan daripada terlaksananya KKN di tengah Pandemi Ini adalah untuk mewujudkan semangat merdeka belajar serta melakukan upaya pendampingan terhadap siswa,guru,maupun orang tua yang dirasa terdampak akan adanya Pandemi COVID-19 di bidang Pendidikan. Menurut Prajab adanya Kuliah Kerja Nyata ini mahasiswa menjadi fasilitator untuk daerah tempat tinggalnya sendiri. Sebab hakikatnya Mahasiswa merupakan agen perubahan yang sudah semestinya menciptakan suatu Inovasi baru yang dapat berguna serta dapat di kembangkan di dalam masyarakat.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : UPI Unipersitas Pendidikan Indonesia KKN Tematik Pandemi Covid-19 Pendidikan Mahasiswa Belajar Merdeka Belajar Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Ingin Open House Lebaran Saat Pandemi Covid-19? Lakukan Cara ini

Tiga Panduan Aman Malam Takbiran Saat Pandemi Covid-19

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi