Dear Traveler, Ini Tips Aman Liburan Selama Pandemi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Tepat hari ini, 25 Desember perayaan Natal. Beberapa diantaranya tentunya sudah merencanakan agenda untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat, sahabat, atau bahkan seorang diri.

Namun, situasi pandemi yang tak kunjung membaik tentunya akan menjadi pertimbangan besar untuk melanjutkan rencana berlibur.

Ditambah lonjakan kasus yang kian signifikan mengalami kenaikan setiap harinya dan juga beberapa kota besar di Indonesia yang sudah masuk ke dalam zona merah covid-19.

Meski begitu, kalian yang ingin berlibur di tengah pandemi saat ini tidak perlu khawatir, berikut tips aman saat libur Natal dan Tahun Baru, simak!

Baca Juga:  Sedikit Catatan Soal IPM Pendidikan Kabupaten Purwakarta

1. Minimalisir berkegiatan di luar rumah, pastikan untuk menjaga diri dan keluarga dengan tetap berada di dalam rumah dan mengurangi intensitas berpergian dan berkegiatan di luar rumah.

2. Patuhi protokol kesehatan, jika ada sesuatu yang mengharuskan untuk pergi jangan lupa untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak minimal 1,5 meter, rajin mencui tangan dan hindari kontak fisik dengan orang lain.

Baca Juga:  Karena Ini, Tol Cisumdawu Seksi 2 Batal Dibuka untuk Arus Mudik Lebaran

3. Terapkan hidup sehat, selain menjaga terhindarnya virus dari luar, perlu juga memastikan bahwa tubuh mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat. Rutin melakukan olah raga juga penting dalam menjaga stamina tubuh serta membentuk imunitas yang kuat.

4. Jaga kebersihan, rajin menganti dan mencuci barang-barang yang memicu tumbuhnya bakteri juga penting dilakukan. Pastikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh adalah bersih serta barang-barnag yang digunakan dalam keadaan yang bersih pula. Usahakan untuk menggunakan peralatan-peralatan pribadi ketika berpergian seperti alat makan, mukena, dan mengindari menggunakan barang-barang secara bergantian.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Gelar Operasi Patuh Lodaya 2022, Ini Tujuannya

5. Hindari stres, salah satu faktor memburuknya imunitas tubuh dan mudahnya terserang berbagai penyakit yaitu pada pola fikir atau stres berlebih. Karena faktor tersebutlah seseorang menjadi mudah berasumi dan mendiaknosa diri sendiri ketika merasakan sesuatu yang belum jelas kebenaranya. Usahakan untuk tetap berfikir tenang dan hindari kecemasan berlebih.

Penulis: Dewi Gayatri