Hujan Deras, Longsor Landa Julur Alternatif Menuju Lembang

JABARNEWS | BANDUNG – Longsor melanda bibir jalur alternatif menuju kawasan wisata Lembang, tepatnya di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (26/12/2020).

Longsor yang terjadi akibat hujan deras sejak sabtu, sekitar pukul 14.30 WIB tersebut, posisinya tepat di atas objek wisata Curug Cimahi dengan lebar longsor mencapai 15 meter dan kedalaman jurang 50 meter.

Baca Juga:  Apes! Kehabisan Bensin, Maling Motor di Depok Babak Belur Diamuk Massa

Kepala Resor Pemangku Hutan (KRPH) Cisarua Ocep Dasila mengatakan longsor tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Longsor tersebut diawali oleh retakan pada Tembok Penahan Tanah (TPT) yang membatasi jalan dengan bibir jurang.

“Sejak Jumat itu sebetulnya sudah ada retakan, tapi kecil. Tadi pagi hujan lagi, dan setelah dikontrol akhirnya retakan membesar sampai longsor selebar 15 meter,” ungkap Ocep dilansir dari Detik, Sabtu (26/12/2020).

Baca Juga:  Legenda Kuda Bersayap di Gunung Cupu Purwakarta

Longsor tersebut berpotensi membesar lagi jika terus-terusan diguyur hujan deras dan kemungkinan bakal memutus akses dari dari arah Lembang menuju Cimahi maupun Padalarang.

“Kalau di lihat dari posisi dan kontur tanahnya, kemungkinan bisa membesar longsornya dan bisa sampai memutus jalur,” terangnya.

Baca Juga:  Kades di Karawang Ini Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

Arus lalulintas di jalan tersebut terpaksa dibuka tutup. Selain itu, pihaknya mengantisipasi kendaraan besar seperti bus dan truk melewati jalur tersebut lantaran bertepatan dengan momen libur Natal dan Tahun.

“Untuk mengamankan arus lalulintas sudah memberikan pembatas sekitar 1 meter dari bibir longsoran. Truk dan bus dilarang lewat karena berbahaya,” tandasnya.