Potensi Longsor Cukup Tinggi, BPBD Karo Minta Wisatawan Waspada

JABARNEWS | KARO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Karo ingatkan cuaca ekstrim dengan curah hujan cukup tinggi sangat berpoteni terjadinya longsor dibeberapa titik menuju lokasi wisata di Kabupaten karo, seperti di sekitar Penatapan menuju Hamburan, Kecamatan Berastadi, Danau Sitongging dan air terjun Sipiso-piso Kecamatan Merek.

“Cuaca ekstrim dapat mengakibatkan longsor dibeberapa titik menuju lokasi wisata,” kata Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin angin, Minggu (27/12/2020).

Baca Juga:  Tiga Kendaraan Terlibat Laka Lantas di Indramayu, Dua Orang Tewas Lainnya Luka-luka

Ia ingatkan kepada wisatawan yang akan menuju lokasi wisata di Kabupaten Karo pada malam tahun baru dan perayaan tahun baru 2021 yang datang dengan berkendara roda dua atau empat agar waspada di jalan.

“Wisatawan yang ingin datang rayakan malam tahun baru dan merayakan tahun baru 2021 di Kabupaten karo agar selalu waspada,” ucapnya.

Selain itu, masyarakat dan wisatawan agar tidak memasuki zona merah radius 3 KM dari puncak gunung Sinabung yang masih status siaga. Baik untuk melakukan aktivitas atau hanya untuk rekreasi melihat pemandangan gunung Sinabung.

Baca Juga:  Polres Sumedang Tangkap Dua Pengedar Narkoba Jenis Sabu Asal Purwakarta, Ini Kronologinya

“Kita himbau masyarakat dan wisatawan agar tidak masuk zona merah gunung Sinabung yang masih status siaga,” ungkap Natanael.

Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemkab Karo menghimbauan wisatawan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Sementara wisatawan yang datang dari daerah zona merah akan dilakukan pemeriksaan secara melalui identitas diri dan surat pemeriksaan rapid test atau swab PCR.

Baca Juga:  Dikibusi, Pengedar Narkoba Asal Tebing Tinggi Ditangkap Polisi

“Memutus mata rantai penyebaran Covid-19, wisatawan di himbau agar mematuhi protokol kesehatan, wisatawan datang dari luar daerah masuk zona merah akan diperiksa surat hasil rapid test atau swab PCR,” tukasnya.

Penulis: Ahmad Putra