JMN Channel


Dr Ellyna Chairani: 94 Persen UMKM Terdampak Pandemi Covid-19

Kemasan dan logo menjadi first impression, sebagai alat komunikasi antara produsen dan konsumen

Dr Ellyna Chairani (kiri) saat menjadi narasumber program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang diselenggarakan oleh Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia melalui via zoom, Sabtu (26/12/2020). (Foto: Istimewa/Jabarnews)

JABARNEWS | MEDAN - Sebanyak 94 persen Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia terkena dampak oleh pandemi, namun perlahan mulai meningkat setelah new normal, ditargetkan 80 persen pada kuartal IV 2020. Sebut akademisi sekaligus barista bersertifikat.

Hal itu diungkapkan Dr Ellyna Chairani saat menjadi narasumber program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang diselenggarakan oleh Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL), Universitas Indonesia, Sabtu siang (26/12/2020).

Baca Juga:

Tiga Jenis Hidangan Sahur ini, Bikin Kalian Kuat Saat Berpuasa

Covid-19 Bisa Bikin Pasien DBD di Cimahi Meninggal Dunia, Kenapa?



"UMKM menyediakan hampir 90 persen dari total lapangan kerja, dengan banyaknya pelaku UMKM mencapai 62 juta atau 98 persen total pelaku ekonomi. Pada masa pra pandemi, UMKM menyumbang 60,34 persen dari total PDB nasional," katanya.

Ia menjelaskan, UMKM yang ramah lingkungan meliputi beberapa hal. Pertama Eco friendly material (bahan baku ramah lingkungan) yang mudah terurai, tidak beracun, aman untuk kesehatan organik, tidak ada atau sedikit limbah, hindari bahan sekali pakai tapi bisa reuse oleh konsumen tanpa menurunkan kualitas.

"Kedua Eco friendly proses produksi (energi listrik, air, transport, kemasan, penataan gudang). Ketiga, Eco friendly delivery dan pemakaian oleh konsumen (tren gaya hidup di kota-kota besar -brand bisnis)," ucap Dr Ellyna
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Dr Ellyna Chairani UMKM Pandemi Covid-19 Ekonomi Kesehatan Lingkungan UI Mahasiswa Universitas Indonesia Medan Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Waduh! Ribuan Ton Limbah Medis Ancam Cemari Laut Pangandaran

Hindari Tiga Jenis Makanan Ini Saat Sahur Di Bulan Puasa

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi