Kemenkes Belum Agendakan Sertijab dari Terawan ke BGS, Kenapa?

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum menjadwalkan kegiatan serah terima jabatan (sertijab) Menteri Kesehatan dari Terawan Agus Putranto ke Budi Gunadi Sadikin (BGS).

Seperti diketahui, Budi Gunadi selaku menteri kesehatan serta wakil menteri kesehatan Dante Saksono Harbuwono telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (23/12/2020) lalu.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Alexander Kaliaga Ginting mengatakan dirinya belum bisa memastikan tepatnya untuk pelaksanaan sertijab tersebut. Akan tetapi, hal itu akan digelar sebelum 2020 berakhir.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Disperkim Purwakarta Bangun Sarana Sanitasi di 18 Lokasi

“Sertijab setelah libur natal, mungkin sebelum akhir tahun,” kata Alex dilansir dari CNNIndonesia Minggu (27/12/2020).

Menurutnya, sertijab tak langsung dilaksanakan usai pelantikan Rabu lalu karena saat itu Terawan masih meninjau sejumlah fasilitas kesehatan di beberapa daerah.

“Ke luar kota ada acara peninjauan di Semarang dan Yogyakarta, dan lanjut libur Natal. Hari ini Minggu [Terawan] masih di Solo,” ujarnya.

Baca Juga:  Kementerian PUPR Sebut Tol Cisumdawu Sudah Bisa Digunakan pada Lebaran 2023

Sementara, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Widyawati mengaku pelaksanaan sertijab masih belum ditentukan sejauh ini.

“Belum,” kata Widyawati melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Minggu (27/12).

Budi dan Dante telah menyambangi Kemenkes usai dilantik Jokowi, Rabu (23/12). Bahkan Budi langsung memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenkes.

Baca Juga:  KKB di Papua Serang Warga Sipil, 9 Orang Dilaporkan Tewas, Lainnya Luka Tembak

Di sisi lain, sejumlah menteri baru langsung melakukan sertijab usai dilantik Jokowi. Mereka yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Perdagangan M Luthfi. Sementara Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono tanpa melalui sertijab dan langsung bertugas.