42 Wisatawan Positif Covid-19, Ridwan Kamil: Tahun Baru di Rumah Saja!

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, selama libur panjang Natal terdapat 42 wisatawan yang positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen.

“Ada 3.000-an turis yang dites di berbagai tempat, termasuk rest area. Positif ada 42 orang, yang langusng dirujuk dites PCR sambil isolasi,” kata Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (28/12/2020).

Saat ini, terang dia, total sudah tersedia sekitat 60.000 stok alat rapid test antigen untuk digunakan di berbagai daerah di Jabar. Alat rapid test antigen itu bakal digunakan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat libur Tahun Baru.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Raih Penghargaan Pakaian Terbaik Selama Rapat Paripurna

Ridwan Kamil pun meminta kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah saat libur Tahun Baru, sehingga dapat terhindar dari potensi penularan Covid-19.

Baca Juga:  Pilihan Antara Lockdown dan Masker, Ridwan Kamil Laporkan Ini Pada Jokowi

Apalagi, pada Desember ini diprediksi terdapat cuaca ekstrem di Jabar, di mana sejumlah bencana telah terjadi di beberapa daerah.

Ridwan Kamil meminta kepada para kepala daerah di Jabar untuk bersiaga dalam menghadapi kemungkinan bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Masyarakat, pandemi belum usai. Tinggal di rumah adalah pilihan bijak, menghindari potensi bencana dan pandemi Covid-19,” katanya.

“Menyambut tahun baru sebaiknya di rumah saja. Kalau keluar juga pasti ada penegakan hukum dari Satgas, dari Polisi maupun TNI,” sambung Ridwan Kamil.

Baca Juga:  SPSI Jabar Minta Ridwan Kamil Revisi SK UMK Cianjur

Dia menilai, pemerintah tak hanya berupaya melakukan penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi. Kondisi cuaca juga perlu diantisipasi.

“Kami antisipasi dengan isu La Nina, badai di selatan Pulau Jawa. Kami apel siaga, akan ada penyiapan infrastruktur,” katanya.

Penulis: Yoyo W