5 Tradisi Tahun Baru Terunik Dari Berbagai Negara

JABARNEWS | BANDUNG – Perayaan tahun baru memang menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh semua negara yang ada di dunia.

Banyak yang berharap agar di tahun berikutnya mereka bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya, terutama materi dan juga spiritual.

Momen pergantian tahun menjadi sebuah peristiwa penting bagi berbagai budaya, karena selalu ada ritual atau perayaan khusus untuk menyambut perayaan tahun baru.

Di balik gemerlap kembang api tahun baru, sejumlah negara di dunia masih menjalankan tradisi unik untuk merayakan tahun baru, berikut lima tradisi unik sejumlah negara di dunia saat tahun berganti:

1. Membakar Orang-Orangan Sawah, Ekuador – Warga Ekuador memiliki tradisi khas dalam menyambut pergantian tahun dengan orang-orangan sawah, orang-orangan sawah yang terbuat dari gumpalan kertas dan kayu tersebut lalu dibakar tepat pada pukul 00.00 waktu setempat, tepat pada waktu perubahan tahun, pembakaran orang-orangan sawah ini nyaris dilakukan di setiap rumah.

Baca Juga:  Makin Tua Makin Jadi, Kakek Jadi Jurtul Togel Ditangkap Polsek Tiga Juhar

Mereka yakin, dengan membakar orang-orangan sawah, maka segala sesuatu yang buruk juga akan ikut terbakar dan menghilang. Orang-orangan sawah juga dipercaya bisa membuat takut nasib sial, sehingga pada tahun depan tidak ada nasib sial yang menghampiri namun sebaliknya, keberuntunganlah yang banyak menghampiri.

2. Memecahkan Piring Di Pintu Rumah Teman, Denmark – Denmark memiliki tradisi yang bisa dibilang unik, karena pada malam tahun baru mereka yang mempunyai banyak teman akan menumpuk piring mereka hingga malam tahun baru dan kemudian memecahkannya di pintu teman-teman mereka.

Keluarga yang rumahnya memiliki tumpukan piring terbanyak justru akan senang, karena mereka percaya bahwa semakin banyak tumpukan pecahan di pintu mereka maka sebanyak itulah keberuntungan pada tahun berikutnya. Ini karena tumpukan pecahan tersebut menandakan teman yang setia. Tidak terbatas ke piring, pecahan juga dapat berasal dari gelas, cangkir, mangkok, dan barang pecah belah lainnya.

Baca Juga:  Dewan Apresiasi Perjuangan Atlet Kota Bandung di SEA Games

3. Celana Dalam Warna-Warni, di Amerika Selatan – Berbagai negara di Amerika Selatan seperti Meksiko, Bolivia dan Brasil punya tradisi unik mengenakan celana dalam berwarna untuk menentukan keberuntungan di tahun baru.

Bagi mereka yang ingin menemukan pasangan, mereka akan mengenakan celana dalam warna merah. Kalau ingin lancar rezeki, bisa mengenakan celana dalam berwarna kuning yang dipercaya akan memberikan kesejahteraan dan keberuntungan. Lain lagi dengan yang ingin mendapatkan kedamaian di tahun depan, mereka akan pakai celana dalam warna putih.

4. Meniup tahuri di Ambon – Indonesia salah satu negara memiliki keberagaman budaya dan tradisi salah satunya tradisi meniup tahuri di Ambon, Maluku. Biasanya di malam pergantian tahun, masyarakat Ambon akan membunyikan terompet tahuri, yaitu alat musik khas Ambon yang terbuat dari kerang.

Baca Juga:  KPK Dikabarkan Turut Tangkap Istri Menteri Edhy Prabowo

Tahuri akan ditiup dalam festival tahun baru yang diadakan di Jembatan Merah Putih, Ambon. Bunyi tahuri akan dipadukan dengan lonceng gereja, beduk masjid, kembang api, dan seruling kapal.

5. Membunyikan lonceng sebanyak 108 kali di Jepang – Saat malam tahun baru, Jepang memiliki tradisi membunyikan lonceng berukuran besar yang dilakukan di kuil Buddha. Upacara tradisional yang dikenal dengan sebutan Joya no kane ini dilakukan dengan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali yang diyakini untuk mengusir kejahatan dan dosa manusia.

Berikut Itulah beberapa tradisi unik sambut tahun baru dari berbagai negara.

Penulis: Muhammad Amaludin