Refleksi Akhir Tahun, Persiapkan Adaptasi Baru Pencak Silat di 2021

JABARNEWS | BANDUNG – Acara webinar yang bertema “Mulat Sariro Hangroso Wani” dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meet pada tanggal (30/12/2020). Rangkai acara ini terbuka untuk umum serta anggota Merpati putih Seluruh Indonesia.

Acara tersebut diisi oleh beberapa pemateri yang terdiri dari Amos Priono Tri Nugroho dan Nehemia Budi Setiawan (Sebagai Pewaris Merpati Putih), Abdul Kharis Almasyari (Wakil Ketua Komisi I DPR RI), Ferry ferdiansyah (Pelatih Pencak Silat), Iskandar (Penggiat Silat), Dadan Setiawan (Ketua MP JABAR Open).

Baca Juga:  Peringatan Buat Mafia Sampah di Kabupaten Bekasi, Akan Ada Sanksi Tegas

“Tetap menjunjung tinggi tri dharma Perkumpulan pencak silat serta membuat inovasi baru agar tetap bisa mengangkat nama dunia persilatan di kancah Internasiona” ujar Abdul Kharis dalam webinar tersebut

Kemudiam, kompetisi pencak silat yang akan datang dengan berbasis online tingkat Internasional dan menekankan kepada para atlet untuk latihan berbasis secara online atau dengan secara langsung tetapi tetap menerapkan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak (3M).

Baca Juga:  Akan Umumkan Nama-Nama ASN Penerima Bansos Bupati Cirebon: Biar Malu!

Sementara itu, Oktavia selaku Rektor Universitas Pertahanan menyatakan, bahwa pencak silat harus bisa menjadi identitas bangsa Indonesia serta dapat menjadi go Internasional.

“Kegiatan pencak silat ini harus tetap berlanjut walaupun dilakukan di tengah pademi Covid-19 dengan cara memanfaat kan teknologi yang ada dengan cara daring dan mengirim video berupa pertarungan seperti pada kompetisi langsung,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Kondisi Gunung Kancil dan Lebak Serang Garut Pasca Kebakaran Hutan

Pelatih Pencak Silat, Ferry Hendarsin mengatakan untuk menghadapi pandemi ini inovasi berupa latihan secara daring dapat menjadi salah satu solusi agar pencak silat bisa terus berlanjut walau dalam pademi Covid 19.

“Dengan pencak silat ini bisa menjadi salah satu solusi sebagai salah satu olahraga yang dapat membantu tubuh kita menjaga kebugaran dalam masalah pademi ini,” tegasnya.

Penulis: Muhammad Amaludin