Malam Pergantian Tahun, Polri Minta Warga Tak Terprovokasi dan Waspadai Aksi Teror

JABARNEWS | JAKARTA – Menjelang pergantian tahun dari 2020 ke tahu 2021, masyarakat diimbau untuk tetap mewaspadai tindakan teror dan jangan mudah terprovokasi.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono meminta masyarakat peka dan peduli pada lingkungan sekitar termasuk memperhatikan, serta mengenali tetangga samping rumah.

“Kami juga mengimbau masyarakat jangan mudah percaya kepada berita-berita yang bersifat negatif, berita bohong (hoaks) dan provokatif, serta jangan mudah diadu domba oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab,” ujar Argo dilansir Jabarnews dari laman Republika pada Kamis (31/12/2020).

Baca Juga:  Apa Sih Arti Dari Kata 'Hompimpah Alaihum Gambreng'? Ini Penjelasannya

Selanjutnya, Argo juga mengingatkan peranan pengurus rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT) untuk bekerja maksimal mengenali warganya.

Kemudian optimalisasi fungsi Bhabinkamtibmas, babinsa dan aparat kelurahan bisa mengidentifikasi warga sekitar.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Dilantik, Kapolres Minta Masyarakat Saling Mendukung

Ia juga meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan munculnya aksi teror selama perayaan malam pergantian Tahun Baru 2021.

“Meskipun petugas telah menangkap beberapa terduga teroris. Meminta pemuka agama, guru dan orang tua menyampaikan imbauan serta pencerahan kepada lingkungan sekitarnya agar lebih peduli,” pinta Argo.

Baca Juga:  PSSI akan Lakukan Evaluasi Sesuai Arahan Presiden Jokowi Terkait Tragedi Kanjuruhan

Terakhir, Argo mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat tidak merayakan tahun baru di luar. Menurutnya, di rumah lebih baik dengan tetap menjaga protokol kesehatan. (Red)