Keren, Mobil NU Keliling 86 Kabupaten Untuk Edukasi Masyarakat

JABARNEWS | JAKARTA – Mobil edukasi keliling Car of Covid-19 Care (COC) telah mengedukasi 202.852 orang dengan mengerahkan 1.293 mobil di 86 kabupaten se-Indonesia.

“Total ada 18 bahasa daerah yang diproduksi dengan harapan kegiatan mobil edukasi keliling ini mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 dan mengubah perilaku masyarakat untuk mempraktikkan protokol kesehatan cegah Covid-19,” kata Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Makky Zamzami dalam jumpa pers daringnya yang dipantau di Jakarta, Kamis (31/12/2020).

Baca Juga:  Ada Lima Kecamatan di Kota Bekasi Paling Tinggi Kasus Covid-19, Mana Saja?

Ia mengatakan mobil COC menjadi sarana penyampaian edukasi Covid-19 dengan sosialisasi keliling tentang virus SARS-CoV-2 menggunakan bahasa daerah dengan metode edutainment (edukasi entertainment) sesuai kearifan lokal.

Materi sosialisasi, kata dia, berbentuk jingle, pantun, shalawat, ceramah dan pengumuman. Untuk memperkuat sosialisasi, NU Peduli Covid-19 bermitra dengan Badan Pendidikan dan Anak-anak PBB (UNICEF).

Baca Juga:  Dalam Semalam, Polres Purwakarta Sita Ratusan Botol Miras

Ke-18 daerah yang disasar mobil COC adalah lima kawasan di DKI Jakarta dan sisanya daerah lain dari Provinsi Jawa Timur (Pasuruan, Jombang, Malang, Tuban, Surabaya), Jawa Tengah (Demak, Pati), Jawa Barat (Depok, Bekasi, Cianjur), Tangerang Selatan (Banten) dan Mataram (NTB).

Mobil COC secara seremonial diluncurkan berangkat dari Gedung PBNU, Jakarta, Kamis.

Makky mengatakan mobil COC merupakan bagian dari salah satu dari berbagai kegiatan dan capaian Satgas NU Peduli Covid-19. Satgas tersebut telah bekerja kurang lebih satu tahun, mulai Maret hingga akhir Desember 2020.

Baca Juga:  Baim Wong Penuhi Panggilan Polisi Terkait Laporan Palsu KDRT

Menurut dia, Satgas NU Peduli Covid-19 telah dibentuk di seluruh tingkatan kepengurusan NU dari wilayah dan cabang untuk melakukan edukasi, penyuluhan pencegahan virus corona dan pelayanan medis bagi para pasien terkonfirmasi Covid-19.

Sumber: Antara