Berikut Jalan di Purwakarta Yang Ditutup Sementara Pada Malam Tahun Baru

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pada malam pergantian Tahun 2021, sejumlah jalan protokol di Kabupaten Purwakarta bakal ditutup, pada Kamis 31 Desember 2020 mulai pukul 20.00 WIB.

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana, mengatakan, kegiatan perayaan tahun baru saat ini berbeda dengan waktu sebelumnya.

Menurutnya, hal ini karena berkaitan masa pandemi Covid-19 yang menuntut pembatasan-pembatasan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa.

“Acara apapun dan di tempat manapun, apabila berpotensi melanggar protokol kesehatan (prokes) Covid-19 pasti akan mendapat sanksi, baik teguran, pembubaran dan sanksi hukum,” ungkap Ali, saat ditemui di Aula Sarja Arya Rancana, Mapolres Purwakarta, pada Kamis (31/12/2020).

Baca Juga:  Tak Butuh Waktu Lama, Polres Purwakarta Berhasil Ringkus Pelaku Penusukan

Terpisah, Kasat lantas Polres Purwakarta, AKP Toto Herman Permana mengatakan jalan protokol akan ditutup yaitu Jalan Veteran mulai dari pertigaan Taman Pembaharuan sampai Jalan RE Martadinata (Petigaan Suryo), mulai 31 Desember 2020 sekira pukul 21.00 WIB sampai 1 Januari 2021 sekira pukul 02.00 WIB.

“Penutupan dilakukan bagian dari upaya pencegahan kerumunan pada malam pergantian tahun,” ujar Toto, saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Baca Juga:  Soal KDEKS di Jabar, Bey Machmudin: Kita Punya Aset Bank Syariah Rp843 Triliun

Dikelasnya, Rencana penutupan tersebut tentunya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, di antaranya unsur TNI, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Purwakarta.

“Kemungkinan jalan protokol di dalam kota akan ada rekayasa untuk menghindari keramaian, dengan catatan bilamana masyarakat tidak menghiraukan imbauan dari pemerintah, jadi kami masih menunggu situasi di lapangan,” ungkap Toto.

Selain itu, ia menambahkan, Akses wisata menuju Wanayasa, Purwakarta, akan ditutup di malam Tahun Baru 2021.

Baca Juga:  Masih PPKM Level 2, Konser Musik Terbuka sudah Diperbolehkan di Bandung Barat dan Cimahi

Penutupan dilakukan karena dikhawatirkan banyak warga Purwakarta menggunakan jalur itu untuk merayakan malam pergantian tahun yang berpotensi kerumunan di masa pandemi-Covid-19.

“Pernyataan Muspika Wanayasa didukung para kepala desa sudah dilaporkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Purwakarta bahwa di Wanayasa akan ditutup, terutama di Situ Wanayasa dan Alun-alun Wanayasa. Untuk Akses lalu lintas akan dialihkan ke jalur – jalur alternatif,” ujar Toto.

Penulis: Gigin Ginanjar