Wisatawan Diminta Tahan Diri Tak Liburan Tahun Baru ke Lembang, Atau…

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Pada musim liburan Tahun Baru ini, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna meminta agar wisatawan menahan diri dulu buat tidak berlibur ke tempat wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Demikian disampaikan Aa Umbara menanggapi kabar ada wisatawan asal Bogor yang positif Covid-19. Wisatawan itu dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani rapid test antigen saat berkunjung ke objek wisata Farmhouse.

Baca Juga:  Hendak Adukan Nasib, THK2 Ditolak DPRD Garut

“Wisatawan menahan diri dulu saja untuk liburan ke Lembang,” kata Aa Umbara, saat ditemui di Alun-alun Lembang, Kamis (31/12/2020).

Apabila ada wisatawan yang bersikeras ingin ke Lembang atau sudah terlanjur pergi ke Lembang, Aa Umbara menekankan agar protokol kesehatan diterapkan secara ketat.

Penerapan protokol kesehatan itu ialah dengan melaksanakan Gerakan 3M, yakni mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak atau tidak berkerumun.

Baca Juga:  Pasca Bom Bunuh Diri, Polres Majalengka Perketat Pemeriksaan Pengunjung

“Di objek wisata juga akan dicek bagaimana penerapan protokol kesehatannya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Aa Umbara.

Tak hanya soal pengawasan ketat di objek wisata, Aa Umbara juga akan mencegah titik kerumunan di Lembang menjelang perayaan pergantian tahun baru yang tinggal beberapa jam lagi.

“Biasanya yang dari Bandung, merayakan tahun baru itu naik ke Lembang. Dari jam 11 malam sampai jam 2 pagi akan banyak kerumunan, nanti akan kita cek. Di posko Alun-alun Lembang juga akan menyekat kerumunan,” terangnya.

Baca Juga:  PKS Jabar Bicara Soal Dampak Krisis Global 2023, Intinya Begini

Untuk menegaskan soal larangan adanya kerumunan saat perayaan pergantian tahun baru, dirinya sudah menerbitkan surat edaran yang harus ditaati masyarakat.

“Ada surat edaran juga kan jangan ada kerumunan saat rayakan tahun baru, nanti akan kita bubarkan kalau ada kerumunan,” kata Aa Umbara.

Penulis: Yoyo W