Robert Alberts: Pandemi Covid-19 Beri Pelajaran Berharga untuk Jaga Bumi

JABARNEWS | BANDUNG – Pelatih kepala Persib Bandung, Robert Rene Alberts megatakan wabah pandemi Covid-19 yang melanda berbagai dunia ini dijadikannya banyak pelejaran dari apa yang terjadi di sepanjang tahun 2020.

“Menurut saya, kita harus berpikir tentang 2020 adalah tidak ada yang gratis, tidak ada yang diberikan cuma-cuma, kita harus saling menghargai ketika tinggal di planet ini,” ungkap Robert, dilansir dari Suara, Sabtu (2/1/2021).

Ia mengatan sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga bumi agar tetap sehat. Pandemi Covid-19, memberikan hikmah bagi kita agar senantiasa hidup dengan rasa syukur.

Baca Juga:  Ikut Berduka 2 Bobotoh Meninggal Dunia di GBLA, Kapten Persib Doakan Keduanya

Menurut Robert, hadirnya pandemi Covid-19 menjadi pukulan telak di satu sisi, tapi disisi lain memberikan pelajaran berharga, yaitu pentingnya menjaga planet bumi.

“Kami semua ini hanya penumpang di planet ini, bumi adalah tuan rumahnya dan kami hanya tamu di planet ini,” ucapnya.

“Ini awal bagi kita untuk sadar hanya menumpang hidup disini, kita harus mengesampingkan dulu politik dan ego agama. Kita harus hidup dengan rasa syukur dan tetap sehat serta prima,” tambahnya.

Pelatih kawakan asal Belanda itu merefleksikan perjalanannya sebagai pelatih sepak bola selama 2020. Hasilnya, kata dia, tentu sangat berat dimana aktivitas sepak bola sama sekali tidak jalan lantaran terkena imbas pandemi.

Baca Juga:  Aji Akui Ketertarikannya Terhadap Pemain Muda Persib

“Ketika kita hidup sehat, maka planet ini juga akan ikut sehat. Dan ulah umat manusia tentu akan membuat planet ini tidak sehat. Ketika planet tidak sehat maka kelangsungan hidup manusia juga akan terganggu seperti yang dilihat saat ini. Kita bisa lihat semua tidak sehat,” tandasnya.

Beberapa kali, Robert harus meliburkan anak asuhnya dari latihan rutin lantaran ketidakjelasan kompetisi Liga 1. Hal itupun menjadi renungan seluruh pemangku kepentingan sepak bola di Indonesia itu untuk bisa bangkit dari keterpurukan di awal 2021.

Baca Juga:  Resmi Tinggalkan Persib, Ezechiel Berkostum Bhayangkara FC

“Saya rasa itu pelajaran besar dari tahun 2020, semua harus menjaga planet ini, planet ini adalah tuan rumah dan kita hanya menumpang hidup di sini dalam waktu yang singkat,” tukasnya.

“Kehidupan berjalan dengan sangat cepat, jadi mari apresiasi dan memberikan penghormatan dari planet ini yang sudah memberi kesempatan untuk hidup di sini dan hidup dalam persaudaraan,” imbuhnya.