Gelar Aksi Damai, Alumni Unpad Dukung Pemberhentian Wadek FPIK

JABARNEWS | BANDUNG – Para alumni lintas Fakultas di Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar aksi damai atas pencopotan dan pemberhentian Asep Agus Handaka Suryana sebagai Wakil Dekan FPIK, di Kampus I Unpad Bandung, jalan Dipatiukur Bandung, Senin (4/1/2021).

Sebelumnya, Asep Agus Handaka diberhentikan karena berdasarkan jejak digital merupakan kader Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan pernah menjabat sebagai HTI Kota Bandung.

Baca Juga:  Pelajar Sempat Tercebur ke Sungai, Warga Cikadu Cianjur Bangun Jembatan Darurat

Perwakilan alumni Unpad, Budi Hermansyah mengatakan bahwa para alumi menyambut positif pemberhentian tersebut dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor No. 87/UN6.RKT/Kep/HK/2021.

Dalam surat tersebut, Asep Agus Hamka digantikan oleh Eddy Afriyanto sebagai Wadek Bidang Sumberdaya dan Organisasi FPIK Unpad Bandung.

“Sebagai alumni, kami sangat meminta rektor Unpad untuk lebih cermat dalam melakukan proses seleksi serta meneliti track record calon kandidat yang akan diangkat menjadi pejabat di lingkungan Unpad. Karena jejak digital yang bersangkutan di media sosial menunjukkan calon pejabat tersebut adalah pimpinan HTI di Kota Bandung,” kata Budi dalam keterangannya.

Baca Juga:  Hidden Gem Kuliner Bandung di Gang Nikmat

Dia meminta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melakukan kajian yang mendalam dan komprehensif dengan membentuk tim investigasi.

“Kita mendorong pemerintah dalam hal ini Kemdikbud untuk segera menginvestigasi latar belakang dan rekam jejak pejabat di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (PTN),” ucapnya.

Baca Juga:  Ambu Anne; Terima Kasih Masyarakat Purwakarta

Untuk diketahui, Asep Agus Handaka Suryana diangkat dan dilantik menjadi Wakil Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad pada Sabtu (2/1/2021).

Penulis: Rian Nugraha